oleh

Risma Ajak Gelandangan Jakarta Tempati Penampungan

JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini mengajak beberapa gelandangan di ibukota menempati tempat penampungan sementara. Ajakan ini dia sampaikan di sela blusukan ke kawasan Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021). 

Awalnya Risma bertemu dengan seorang perempuan bernama Fitri yang mengaku tak punya tempat tinggal. Risma mengajukan sejumlah pertanyaan, namun tak banyak pertanyaan yang dijawab perempuan tersebut.

“Ibu mau ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal. Mau ya? Mau? Tapi ibu jangan kemana-mana. Nanti ada yang jemput,” ajak Risma.

Risma juga bertemu dengan pria paruh baya yang tidur beralaskan kardus bernama Kastubi. Sama seperti Fitri, Kastubi juga mengaku tidak memiliki tempat tinggal.

“Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan kemana-mana,” kata Risma.

Tawaran serupa disampaikan Risma kepada seorang lelaki bernama Faisal. Dari tiga orang itu, hanya Kastubi dan Faisal yang kooperatif bersedia menerima penanganan dari Kemensos. 

Bahkan, Faisal mengaku bersedia untuk kembali pulang ke Asahan, Sumatera Utara, kampung halamannya.

Saat dijemput, kedua pria itu diantar ke kantor Kemensos untuk sarapan. Mereka lalu menerima assessment awal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, termasuk pengecekan kesehatan sesuai protokol pandemi Covid-19.

Selanjutnya mereka akan mendapat penanganan sementara sebelum kemudian dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

Risma tak menginginkan penanganan terhadap gelandangan hanya memberikan bantuan atas dasar belas kasihan, namun juga memperhatikan kemandirian dalam jangka panjang.

Sejak hari pertama berkantor di Jakarta, Senin (28/12) lalu, Risma beberapa kali blusukan. Pada hari pertama, didampingi pejabat terkait, Risma meninjau kondisi tempat tinggal warga di wilayah sekitar kantor Kementerian Sosial, Kelurahan Pegangsaan.

Kemudian, mantan wali kota Surabaya itu juga menyambangi kolong Tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara, Rabu (30/12/2020). Di sana, Risma menjanjikan beasiswa untuk para anak pemulung. (goek)