oleh

Puti Dorong Ada Gerakan Peduli Kebersihan Sungai di Kabupaten/Kota se-Jatim

-Berita Terkini-20 kali dibaca

TULUNGAGUNG – Cawagub Puti Guntur Soekarno mendorong adanya kepedulian terhadap kebersihan aliran sungai di semua kabupaten/kota di Jawa Timur, seperti yang dilakukan komunitas pelestari lingkungan Tulungagung di Kali Ngrowo.

Selain menjaga kebersihan sungai dari pencemaran, tak kalah penting juga upaya membuka ruang terbuka hijau (RTH) di sekitar aliran sungai.

“Menjaga kebersihan sungai itu penting karena sungai merupakan sumber air baku untuk petani, nelayan, industri dan keperluan rumah tangga. Dengan kali yang besih dan dijaga lewat pemerintah dan komunitas pejuang lingkungan itu yang kita dorong,” kata Puti, Jumat.

Kemarin, Puti Guntur menyaksikan sendiri kegiatan komunitas pecinta lingkungan untuk menjaga kelestarian daerah aliran Kali Ngrowo.

Seperti aksi bersih-bersih sungai, lomba melukis, serta penambahan fasilitas selfie corner berupa lukisan tiga dimensi. Kegiatan komunitas pelestari lingkungan di Pinggir Kali (Pinka) Ngrowo Kota Tulungagung itu terkait peringatan Hari Air dan Bumi.

Menurut Puti, Hari Bumi sangat dekat dengan program pasangan calon nomor urut 2. Salah satunya adalah Kembang Sari atau pengembangan fasilitas lingkungan yang ramah terhadap anak terhadap perempuan juga lingkungan.

“Kembang Sari ini merupakan mengembangan fasilitas lingkungan yang ramah terhadap anak, perempuan dan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Saat melakukan interaksi dengan komunitas penyelamat lingkungan kemarin, Puti juga menyatakan siap memberikan dana stimulan untuk penguatan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata)unggulan. Misalnya dengan memberi pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata.

Begitu pun dengan penggiat bank sampah, menurut cucu Proklamator Soekarno ini nantinya akan dibantu dengan permodalan.

“Dengan program Superstar nanti para penggiat bank sampah difasilitasi pelatihan dan desainnya,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Puti sempat melihat-lihat produk dari barang bekas yang digelar Paguyuban Pelaku Bank Sampah (Paku Banksa) Tulungagung.

Selain juga melihat lukisan bertema air dan bumi serta berfoto di mural yang baru saja dibuat para pelukis mural Tulungagung.

Bahkan pendamping Cagub Saifullah Yusuf ini ikut menggoreskan kuas pada lukisan mural yang masih belum jadi. (goek)