oleh

Putaran Kedua Pilgub DKI, PDIP Konsolidasikan Semua Kekuatan

JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, partainya telah melobi partai koalisi pemerintah untuk mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnana – Djarot Syaiful Hidayat pada putaran kedua Pilkada DKI.

Partai-partai tersebut, saat putaran pertama Pilkada DKI mengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni.

“Kami sudah konsolidasikan semua kekuatan, termasuk juga melobi partai yang tadinya pemilu presiden ada di pusaran KIH (Koalisi Indonesia Hebat), agar bersama kembali di Pilkada DKI,” kata Megawati di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2017).

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto menyebutkan, posisi DKI Jakarta sangat penting sebagai barometer seluruh daerah di Indonesia. Sehingga PDI Perjuangan memandang DKI Jakarta sebagai daerah sangat strategis.

Karena itu, kata Hasto, untuk memenangkan putaran dua Pilkada DKI, pihaknya sudah melakukan komunikasi secara intensif dengan PAN, PKB dan PPP. Komunikasi politik itu dilakukan dengan melibatkan partai pengusung Ahok – Djarot lainnya.

Baca juga: Ada Hal yang Dipolitisasi, Pilkada DKI Jadi Meriah

Pada pilkada DKI Jakarta putaran pertama, pasangan Ahok-Djarot diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kelompok Djan Faridz.

“Setiap parpol pengusung pasangan Ahok-Djarot menjalankan perannya masing-masing membangun komunikasi dengan parpol lain,” katanya.

Hasto menambahkan, selain membangun komunikasi dengan partai politik lain, juga membangun komunikasi dengan para relawan serta simbol-simbol elemen masyarakat.

Dia mencontohkan, Partai Golkar banyak membangun komunikasi untuk serangan udara, dan PDI Perjuangan membangun komunikasi untuk serangan darat.

“PDI Perjuangan dan parpol lain, saling bersinergi membangun dukungan untuk pemilih,” katanya.

Pihaknya berharap pada 4 Maret nanti saat KPU DKI Jakarta mengumumkan hasil penghitungan suara sekaligus jadwal putaran kedua, semua hasil komunikasi sudah final. (goek)