oleh

Pendaftar Cagub-cawagub Jatim Melalui PDIP Akan di-Fit and Proper Test

-Berita Terkini, Pemilu-21 kali dibaca

SURABAYA – Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Bambang Juwono mengatakan, seluruh nama yang akan diajukan sebagai cagub atau cawagub melalui PDIP dalam Pilgub Jatim 2018 harus melalui mekanisme yang ditetapkan.

Menurut Bambang Juwono, PDI Perjuangan Jatim akan membuka pendaftaran kandidat Cagub-cawagub Jatim pada awal Juni mendatang. Dijadwalkan, pendaftaran akan dilakukan pada 1-10 Juni 2017.

Dalam masa pendaftaran tersebut, kader internal maupun unsur eksternal partai dipersilakan mendaftar. Khusus untuk kader internal yang berpotensi namun tak mendaftarkan diri, akan mendapat surat penugasan.

Setelah mendaftar, jelas Logos, sapaan Bambang Juwono, pendaftar akan melalui sejumlah fit and proper test. Termasuk untuk melihat potensi keterpilihan berdasarkan hasil survei.

“Kami akan mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan masyarakat, serta kepentingan partai. Termasuk dengan mempertimbangkan hasil survei,” kata Bambang, kemarin.

Proses tersebut, menurutnya akan memakan waktu lama, dan diperkirakan PDI Perjuangan baru akan menghasilkan nama pada akhir bulan depan. “Saya rasa setelah Lebaran baru akan ada nama,” ucap Logos.

Soal dua nama politisi senior PDI Perjuangan, Kusnadi dan Budi Sulistyono, yang kerap disebut sebagai kandidat calon gubernur atau pun calon wakil gubernur, menurut Logos, kedua nama tersebut sebagai kader terbaik yang berpotensi terpilih pada pilkada nanti.

“Beliau berdua menjadi kader terbaik kami untuk saat ini. Masing-masing memiliki pengalaman di bidang legislatif maupun ekskutif di Jatim yang tak perlu diragukan lagi,” jelasnya.

Kusnadi saat ini menjabat Ketua DPD PDIP Jatim. Selain itu, politisi yang akrab disapa Pak Kus ini juga menjadi Wakil Ketua DPRD Jatim.

Sedang Budi Sulistyono atau yang biasa dipanggil Kanang, saat ini menjabat Bupati Ngawi. Di DPD PDIP Jatim Kanang menjabat wakil ketua bidang kehormatan partai.

Sementara itu, terkait rencananya maju sebagai calon gubernur, Wagub Jatim Saifullah Yusuf mengatakan akan bersafari menemui pimpinan partai-partai politik dalam waktu dekat.

Setelah mendapat dukungan dari PKB, Gus Ipul akan mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim pekan depan. “Ya nanti kita lihat lah. Kan tanggal 1 Juni masih lama kan. Yang jelas, bahwa kita akan ketemu,” ujar Gus Ipul kepada wartawan.

PDIP memiliki 19 kursi di DPRD Jatim, dan PKB memiliki 20 kursi DPRD Jatim. Sedangkan jumlah kursi anggota DPRD Jatim sebanyak 100 orang. (goek)