oleh

Pemkab Ngawi Bagikan 20 Ribu Bendera Merah Putih Gratis, Belinya dari Pedagang Musiman dan UMKM

-Ekskutif-19 kali dibaca

NGAWI – Peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun di Kabupaten Ngawi bakal lebih berwarna. Seperti tahun-tahun sebelumnya, bendera merah putih akan berkibar tinggi di tiap rumah warga.

Pun demikian juga pernak-pernik kemerdekaan, seperti umbul-umbul juga telah banyak terpasang di tiap gang. Itu menjadi bukti bahwa masyarakat Ngawi bergembira memperingati kemerdekaan Indonesia di tahun 2022 dengan meriah.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono juga membagikan ribuan bendera merah putih kepada warga masyarakatnya. Pembagian bendera itu, sebagai tindak lanjut dari gerakan 10 juta bendera merah putih, yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.

“Kementerian Dalam Negeri mengimbau kepada seluruh kabupaten/kota untuk membagikan bendera merah putih kepada warganya. Gerakannya 10 juta bendera,” kata Bupati Ony kepada awak media, pada Rabu (3/8/2022).

Di kabupaten Ngawi, seremonial pembagian bendera merah putih dilakukan di perempatan Kartonyono Ngawi. Bupati Ony bersama dengan Forkompinda, turun langsung membagikan bendera merah putih.

Pada seremonial tersebut, Bupati Ony mengatakan, bendera yang dibagikan sebanyak 1.000 lembar. Bendera-bendera itu dibagikan kepada masyarakat pengguna jalan.

“Tiap kabupaten/kota membagikan bendera merah putih sebanyak 20 ribuan lembar,” ujar Bupati Ony.

Pembagian bendera merah putih gratis bagi masyarakat Ngawi tersebut juga menggerakkan ekonomi kerakyatan. Sebab, sebanyak 20 ribuan lembar bendera merah putih tersebut dibeli dari para pedagang bendera yang biasa berjualan saat bulan Agustus. Selain itu juga dari para pelaku UMKM yang memproduksi bendera merah putih.

“Kita beli dari pedagang dan pelaku UMKM yang berjualan bendera merah putih,” ungkap kader PDI Perjuangan tersebut.

Bupati Ony ingin menggugah kembali semangat nasionalisme masyarakat Ngawi. Salah satunya dengan komitmen untuk mengibarkan bendera merah putih dari tanggal 1-31 Agustus. Komitmen itu akan dilakukan secara rutin tiap tahun.

“Warga kita imbau agar pada masing-masing rumahnya mengibarkan bendera merah putih, dan memeriahkan bulan Agustus, bulan proklamasi kemerdekaan Indonesia,” papar Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono. (mmf/hs)