oleh

Pelatihan Pahlawan Ekonomi Angkat Kesejahteraan Warga Surabaya

pdip-jatim-risma-road-show-pahlawan-ekonomiSURABAYA – Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan, sejak 2010 punya keinginan agar para ibu-ibu warga Surabaya bisa membantu suaminya di bidang ekonomi keluarga.

Melalui dukungan ibu-ibu rumah tangga tersebut, menurut Risma, bisa membuat warga Kota Pahlawan lebih sejahtera.

“Kini, alhamdulillah, melalui pelatihan Pahlawan Ekonomi (PE) yang rutin dilaksanakan, terbukti dapat mengangkat perekonomian warga Surabaya,” kata Risma, kemarin.

Wali kota dari PDI Perjuangan ini menambahkan, peningkatan perekonomian warga tersebut terbukti dengan keberhasilan produk yang dibuat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi dan diterima pasar di Indonesia.

“Bahkan produk yang dihasilkan oleh ibu-ibu yang aktif mengikuti Pahlawan Ekonomi sudah ada yang ekspor,” ungkapnya.

Dalam pelatihan Pahlawan Ekonomi tersebut, para pelaku UKM di Surabaya diberi pengajaran setiap minggunya mulai dari cara membatik, membut makanan hingga lainnya.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga membantu dengan jalan memanggilkan para profesional yang berkompeten di bidangnya. Seperti pengemasan produk yang dibantu tim Tatarupa Kreavi.

“Sedangkan untuk pembukuannya. kami datangkan yang professional untuk mengajarkan cara membuat pembukuan untuk seorang pengusaha,” beber peraih penghargaan Urban Profesional dari IHS of Erasmus University Rotterdam Belanda 2016 tersebut.

Dia menambahkan, jika para pelaku UKM ini yang berhasil membuat produk dan bagus diterima pasar, mereka akan digandeng Pemkot Surabaya. Beberapa perusahaan, sebutnya, juga siap membantu penjualan produk yang telah dibuat oleh Pahlawan Ekonomi.

“Memang saya akui, pelatihan PE ini ada yang cepet ada yang lambat. Namun telah memuaskan pelaksanaan setahun ini,” tuturnya.

Untuk sukses menjadi pengusaha, imbuhnya, tidak harus langsung dalam skala besar, tapi melalui skala kecil atau UKM lebih dulu. Dia pun Risma berjanji akan membantu mengembangkan UKM warganya semaksimal mungkin.

“Nanti Pemkot Surabaya akan mempermudah izin, menyediakan stand, hingga membantu melalui pameran di luar daerah hingga luar negeri,” ujarnya. (goek)

rekening gotong royong