oleh

PDIP-LDP Persiapkan Peringatan 60 Tahun RI-Jepang

TOKYO – Peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang tahun depan sebaiknya dilakukan dengan melibatkan masyarakat kedua negara secara aktif. Kehadiran rakyat diyakini akan menguatkan diplomasi dan hubungan pemerintah Indonesia-Jepang.‎

‎Harapan itu disampaikan mantan PM Jepang Yasuo Fukuda kepada Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di ruang rapat Gedung Parlemen Jepang, di Tokyo, kemarin. ‎

‎Dalam pesannya yang diterima di Jakarta, Rabu (30/8/2017), Hasto Kristiyanto menyampaikan dirinya menemui tokoh senior partai Liberal Democratic Party (LDP) itu.

Agendanya, dalam rangka mempersiapkan hubungan kerja sama antara PDI Perjuangan dan Partai itu, sekaligus mempersiapkan peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang.

Hasto didampingi Kepala Balitbang PDI Perjuangan Heri Akhmadi dan Bendahara Litbang yang juga anggota DPR Daniel Tobing.

‎Dalam pertemuan itu, Fukuda yang merupakan Ketua Asosiasi Indonesia-Jepang yang disebut Japinda, mengatakan pihaknya terbuka dan mendukung ide-ide untuk dilaksanakan dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan kedua negara. Pelaksanaanya adalah pada tahun depan. ‎

‎”Kita harus berusaha untuk melibatkan masyarakat Jepang dan Indonesia dalam memperingati 60 tahun hubungan kedua negara. Peningkatan jumlah turis sudah tentu harus dilakukan. Jika ada ide-ide lain, kami sangat terbuka,” kata Fukuda.

Hasto Kristiyanto sepakat dengan gagasan Fukuda untuk melibatkan masyarakat. Menurutnya pertukaran budaya kedua negara cukup penting dilakukan. Sebab bagaimanapun, gerakan kebudayaan nasional yang hadir di tengah-tengah masyarakat itu diperlukan saat ini.

“Budaya Indonesia terbukti ampuh sebagai penangkal gerakan radikal,” ungkap Hasto.

‎Selain itu, Hasto juga mengungkapkan rencana partainya untuk mendorong kepala daerah yang berasal dari PDI Perjuangan memiliki program sister city dengan Jepang. Bahlan, didorong untuk mengirim delegasi kebudayaan ke Jepang tahun depan.

‎Fukuda menyatakan setuju dengan pengembangan program kebudayaan untuk memupuk rasa cinta tanah air.

Selain itu, mantan Presiden LDP ini juga memberikan kepastian partainya sebagai partai pemerintah akan mendukung peringatan 60 tahun Indonesia-Jepang. (beritasatu)