oleh

Orderan Kue Ramadan Meningkat, Fadila Berdayakan Tetangga

-UMKM-33 kali dibaca

KOTA PROBOLINGGO – Bulan Ramadan benar-benar membawa berkah bagi pelaku UMKM di Kota Probolinggo. Tak terkecuali bagi Fadila Ribuany. Pesanan kue kering racikannya meningkat dua kali lipat.

“Khusus kue kering seperti kue kacang itu pesanannya meningkat. Biasanya 8 kilogram sehari, ini bisa dua puluh kilogram per-harinya,” ucap perempuan kelahiran tahun 1990 ini, Jumat (30/4/2021).

Sekretaris Ranting PDI Perjuangan Wonoasih itu memproduksi kuenya di kediamannya di Jalan Walikota Gatot, Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Kue hasil bikinannya, terbilang cukup banyak: kue kacang, kue semprit susu bahkan ada kue unik bernama kue janda genit.

Selain itu, juga ada mie kriuk atau kering yang berbahan mangga, kelor, bayam, wortel hingga ikan.  Untuk membuat kue, sejak awal ia sudah menghabiskan sejumlah modal. Sebanyak Rp 6 juta, ia belikan peralatan termasuk bahan-bahan kuenya.

“Bahkan karena saking ramainya, kita sampai memberdayakan tetangga sekitar untuk tenaga membuat kue. Alhamdulillah bisa sedikit membantu tetangga melalui ini,” tambah Fadila.

Saat ini, omzetnya berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta per-bulan. Selain omzet yang cukup, Fadila mengungkapkan kebanggaannya pada usahanya. Menurutnya, ada nilai berdikari sebagai seorang perempuan. Termasuk, ia senang bisa membantu suami di keluarganya.

Akan tetapi, ia mengaku jika modal menjadi kendala terutama di tengah pandemi Covid-19. “Modal begitu terpukul ya karena pandemi, termasuk peralatan yang masih manual. Harapannya, semoga ada dukungan optimal dari Pemerintah,” pungkas Fadila. (drw/set)

Komentar