oleh

Ngalap Berkah Ramadan ala Sonny T Danaparamita

BANYUWANGI – Ada banyak cara untuk berbagi di bulan Ramadan ini. Seperti dilakukan Sonny T Danaparamita, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini membagikan makanan untuk berbuka puasa kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Kegiatan ‘ngalap berkah’ Ramadan ini dilakukan Sonny setiap hari, melalui barisan sosial Rumah De’Giri (Rumah Demokrasi, Gagasan dan Aspirasi) miliknya.

Ratusan bungkus makanan siap santap ini dibagikan kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang kedapatan masih di perjalanan saat waktu berbuka tiba.

“Kita sudah siapkan menu khusus untuk dinikmati bersama. Tidak hanya satu menu saja, tentunya ganti-ganti,” kata Sonny, Sabtu (2/5/2020).

Menariknya, menu yang disajikan merupakan olahan masakan legendaris dengan menggunakan resep masakan Nusantara dari buku Mustika Rasa. Sebuah buku resep cita rasa warisan Presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Bersama chef milenial Rumah De’Giri, Sonny turut serta menjadi juru masak. Mulai dari mengolah masakan, mengemas, hingga membagikan secara langsung kepada masyarakat sekitar Banyuwangi.

“Resep ini adalah wujud usaha Bung Karno sebagai proklamator, untuk terus mengkampanyekan persatuan Indonesia dalam kebhinekaan,” jelasnya.

Sonny menyebut, ada banyak hal positif yang bisa dilakukan masyarakat selama di rumah dalam masa pandemi. Misalnya, membaca buku atau menghabiskan waktu dengan memasak bagi para pecinta kuliner.

Dirinya pun merekomendasikan buku resep warisan Ir Soekarno ini sebagai pencetus cita rasa Nusantara. Dengan 1.123 halaman berisi ribuan menu masakan secara kompleks, tentunya cocok sebagai referensi bagi mereka yang ingin membuka usaha kuliner nantinya.

Kegiatan berbagi makanan buka puasa ini bukanlah satu-satunya kegiatan sosial Sonny di masa pandemi ini. Sejak virus Corona mewabah, sederet kepedulian nyata putra asli Bumi Blambangan ini patut diacungi jempol.

Di antaranya, membagikan ribuan masker dan sembako, suplemen tubuh, jamu tradisional, hand sanitizer dan baju hazmat untuk petugas medis dan aparat TNI, Polri. Semua ini, menurutnya sebagai bentuk gotong royong serat wujud apresiasi kepada seluruh elemen yang sudah berjuang dalam wabah virus saat ini.

Anggota Komisi VI DPR dari Dapil III Jawa Timur ini mengajak mereka dengan kondisi ekonomi mampu, mau menyalurkan sedikit rezekinya bagi masyarakat terdampak Covid-19. Terutama di bulan suci Ramadan saat ini.

“Mari bergotong-royong dalam menghadapi situasi genting di masa pandemi Covid-19 ini dengan membantu masyarakat terdampak. Tetap di rumah dan jangan lupa selalu pakai masker,” ujarnya. (goek)