oleh

Musyawarah Senapati Nusantara Pilih Hasto Jadi Sekjen

JAKARTA – Hasto Kristiyanto terpilih sebagai Sekjen Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) masa bakti 2017-2021.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Agung Senapati Nusantara di Bantul, Yogyakarta, Minggu (28/2/2017)

Tosan aji adalah istilah dalam bahasa Jawa untuk segala jenis senjata tradisional yang terbuat dari besi yang dianggap sebagai pusaka. Adapun di Senapati Nusantara, posisi sekjen menjadi yang tertinggi.

“Karena ini paguyuban, maka diharapkan setiap organisasi berkembang dengan keunikan masing-masing,” kata Hasto.

Menurut dia, dalam mewujudkan salah satu ajaran Trisakti Bung Karno, yakni mewujudkan kepribadian dalam kebudayaan, maka seluruh pihak diharapkan memahami kebudayaan Indonesia.

“Keris dengan segala unsur filosofi di dalamnya telah diakui oleh UNESCO sebagai karya agung warisan budaya dunia,” jelas Hasto.

Dia berjanji akan melakukan konsolidasi organisasi, termasuk membina kerja sama dengan pihak pemerintah.

“Kami mendorong kerja sama strategis dengan pemerintah dan pemerhati tosan aji sehingga hasil proses kebudayaan ini bisa dilestarikan dan dipamerkan bersifat nasional,” ujarnya.

Seusai terpilih, Hasto selaku ketua formatur menyusun kepengutusan Senapati Nusantara. Idham Samawi yang juga politisi PDI Perjuangan, dalam paguyuban ini terpilih sebagai ketua dewan pembina.

Dia menambahkan, Senapati Nusantara akan membuka ruang bagi generasi muda sehingga kalangan muda tertarik dengan tosan aji.

Usai pelantikan pengurus Senapati Nusantara, Hasto dan pengurus mengunjungi pameran keris dan melihat proses pembuatannya di arena pameran. (goek)

rekening gotong royong