oleh

Mendagri: Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla Sampaikan Selamat Natal

JAKARTA – Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan salam Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada umat Nasrani di seluruh Indonesia.

Pesan itu disampaikan Tjahjo saat bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi Gereja Katedral Jakarta, Minggu (24/12/2017).

“Kami menyampaikan salam hormat dari Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Jusuf Kalla. Beliau menyampaikan selamat Natal,” ujarnya.

Pemerintah, kata dia, ingin memastikan ibadah di malam Natal bisa berjalan aman. Oleh karena itu, pihak keamanan yang terdiri dari Kepolisian dan TNI melakukan penjagaan ketat di beberapa titik gereja.

Pemerintah berharap, perayaan Natal tahun ini mampu memberikan kedamaian kepada semua umat Nasrani di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Tjahjo juga menyampaikan permohonan maaf dari Kapolri, Panglima TNI, Pangdam, Kapolda kepada umat Katolik khususnya di Jakarta terkait pengamanan ketat di malam Natal.

“Semata-mata untuk memberikan jaminan kepada bapak ibu sekalian agar bisa beribadah dengan tenang, dengan khusyu tanpa ada gangguan apapun juga,” jelas mantan Sekjen PDI Perjuangan ini.

Pengamanan Natal di Gereja Katedral memang ketat. Sejak Minggu siang, sekitar kawasan gereja disisir dan disterilisasi oleh petugas dengan menggunakan anjing pelacak.

Puluhan Polisi disiagakan disekitar gereja yang dibangun pada 1901 itu, lengkap dengan senjata laras panjangnya. Tak ketinggalan beberapa kendaraan taktis disiagakan di depan Katedral.

Sementara di dalam, semua masyarakat yang akan masuk ke Gereja Katedral harus melewati alat metal detektor. Semua tas atau barang bawaan pun diperiksa satu persatu oleh petugas yang berjaga.

Pengamanan kian ketat pada malam hari. Petugas yang bersiaga kian banyak, tak hanya Polisi namun juga anggota TNI.

“Selamat hari Natal semoga karunia dan kasih tuhan akan membuat kita semua bangsa Indonesia , khususnya umat Katolik diberikan kesuksesan, kebahagiaan, damai di hati,” ucap Tjahjo. (goek/*)