oleh

Megawati Minta Kader PDIP Juga Sigap Tangani Korban Bencana

JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri minta Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) lebih sigap menangani korban bencana alam.

Megawati mengatakan, kader partai pun harus memiliki sisi kemanusiaan, tak hanya berpikir soal politik.

Dalam Baguna PDI-P, Megawati menceritakan pengalamannya saat menjadi Wakil Presiden RI. Ia terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi bencana yang terjadi.

“Sebagai pemimpin harus begitu. Tidak bisa yang hanya duduk di meja, menerima laporan begini, begini,” ujar Megawati saat memberikan arahan saat Rakornas Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

Megawati mengatakan, sebelum Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terbentuk, penanganan bencana sangat lambat karena tidak ada unit khusus yang menanganinya.

Selain itu, dibuat juga Badan Meteorologi agar potensi bencana bisa dideteksi lebih dini.

Presiden kelima RI itu mengatakan, saat Gunung Agung di Bali diprediksi aktif kembali setelah “tidur” panjang, dia menginstruksikan partainya untuk mengirimkan Baguna.

Rakornas organisasi sayap PDI Perjuangan itu mengusung tema Berjuang Untuk Keselamatan dan Kesejahteraan Korban Bencana.

Baguna juga dilatih khusus untuk melakukan pekerjaannya. PDI-P bekerja sama dengan Badan SAR Nasional memberi pelatihan kepada anggota Baguna.

Mereka pun harus memiliki fisik dan kejiwaan yang sehat untuk membantu orang. Dengan demikian, Baguna terlatih menangani korban dengan cekatan.

“Di Baguna, kalian harus selalu siaga. Bikin segera dapur umum. Jangan yang perempuan sempat pakai lipstik, tidak ada yang lihatin. Saat ada kebakaran besar, langsung lari saja kasih bantuan,” kata Megawati.

Di samping membawa misi kemanusiaan, kata Megawati, keberadaan Baguna juga akan mengangkat citra partai. Ia ingin Baguna tak hanya mengandalkan kuantitas personelnya, tapi juga kualitas bantuan yang bisa diberikan.

“Kalian bawa nama partai, secara politik kita juga terbawa. Dilihat ternyata Baguna PDI Perjuangan kerja, lho,” kata dia. (goek)