Mbak Puti Bagikan Beasiswa PIP dan Resmikan Mobil Kesehatan Warga di Sidoarjo Kota

 61 pembaca

SIDOARJO – Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno turun ke basis membagikan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP). Kali ini, Selasa (9/8/2022), cucu Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno itu membagikan beasiswa PIP di Desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo.

Kehadiran perempuan yang akrab disapa Mbak Puti di Sumput kali ini tercatat sebagai kunjungan kedua. Kunjungan pertama saat menghadiri vaksinasi di masa tingginya kasus Covid-19 beberapa saat lalu.

Baca juga: Lagi, Puti Guntur Soekarno Pasok Ribuan Vaksin Covid-19 untuk Rakyat Sidoarjo

Kunjungan untuk kedua kalinya itu membuat warga Desa Sumput berbangga. Apalagi, kunjungan dilaksanakan pada bulan kemerdekaan, menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

Dimana pada puluhan tahun silam, kakek dari Puti Guntur Soekarno, yakni Bung Karno, membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

“Mewakili warga di sini, kami merasa sangat bangga, sudah dua kali wakil rakyat tingkat RI, Mbak Puti mau hadir menengok kehidupan warga di pinggiran Sidoarjo (kota) seperti kami,” ungkap Kepala Desa Sumput, Kausar, dalam pidatonya menyambut kedatangan Puti Guntur Soekarno dan rombongan.

Sementara itu, Puti Guntur Soekarno, dalam sambutannya menyampaikan, sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi dirinya sebagai kader atau petugas Partai di DPR RI untuk turun menemui konstituen, berada di tengah-tengah masyarakat.

“Jangan heran, seorang wakil rakyat tugasnya ya memang turun, bertemu, dan mendengar aspirasi secara langsung dari konstituen,” terang Mbak Puti.

Pada kesempatan itu, anggota DPR RI dari daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo itu mengingatkan agar seluruh warga yang hadir turut pro aktif mengentaskan angka putus sekolah akibat kemiskinan. Untuk itu dirinya meminta warga lebih peduli kepada tetangganya, ataupun saudaranya.

“Jangan sampai ada lagi anak putus sekolah karena enggak punya uang, langsung lapor kepada kader PDI Perjuangan yang ada, melalui tim saya di sini, kami terbuka 24 jam,” terang Puti Guntur Soekarno.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Sumi Harsono yang turut hadir menyampaikan terima kasih atas kepedulian Mbak Puti. Dirinya berpesan agar beasiswa yang telah dibagikan dapat bermanfaat untuk anak Indonesia khususnya Sidoarjo.

“Terima kasih Mbak Puti atas segala kebaikannya kepada kami, inilah salah satu cerminan untuk bisa bermanfaat bagi orang lain,” pungkasnya.

Acara penyerahan beasiswa PIP turut dihadiri pimpinan maupun anggota DPRD Sidoarjo. Diantaranya Wakil Ketua DPRD Bambang Riyoko bersama H Choirul Hidayat, serta sejumlah pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Sidoarjo. Juga puluhan ibu-ibu wali siswa penerima manfaat PIP.

Pecah Kendi, Resmikan Mobil Kesehatan

Selain membagikan beasiswa PIP, pada acara tersebut Mbak Puti juga meresmikan mobil hibah dari dokter Fitria Rismala Dewi kepada masyarakat Sumput.

Mobil tersebut berupa mobil kesehatan yang dapat digunakan setiap kali warga membutuhkan bantuan medis menuju rumah sakit. Peresmian mobil kesehatan diawali dengan tradisi siraman dan pecah kendi.

“Saya Ingin memberikan sumbangsih kepada masyarakat di bidang yang saya geluti, yakni kesehatan. Maka dari itu usai diresmikan Mbak Puti, mobil ini nantinya akan digunakan bersama untuk mempermudah akses kesehatan kita,” tutur dokter Fitri. (yols/hs)