oleh

Mas Bup Gelontorkan Bantuan Modal bagi Pedagang dan UMKM Terdampak Pandemi Rp 4,9 M

-Eksekutif-16 kali dibaca

KEDIRI – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, pemkab punya kewajiban membantu kelangsungan usaha para pedagang kecil serta pelaku UMKM. Terlebih di masa pagebluk Corona yang masih terjadi saat ini.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan Pemkab Kediri, yakni menggelontorkan bantuan modal bagi pedagang dan pelaku UMKM terdampak pandemi.

Pemberian modal ini untuk membantu UMKM dan pedagang kecil bisa bangkit dan bertahan sampai kondisi normal kembali.

Seperti kali ini, Hanindhito menyerahkan bantuan modal usaha saat meninjau UMKM minuman sari kedelai di Desa Ploso Lor, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

”Ada 8.300 penerima manfaat, dengan total dana sekitar Rp 4,9 miliar. Harapannya, seluruh masyarakat yang terdampak pandemi bisa bangkit, ” ujar Hanindhito Himawan Pramana usai menyerahkan bantuan dana modal kepada UMKM dan pedagang kecil secara simbolis, Senin (20/9/2021).

Mas Bup, sapaan akrab kader PDI Perjuangan ini, juga berharap ke depan masyarakat Kabupaten Kediri terutama UMKM dan pedagang kecil bisa tetap semangat.

”Para UMKM atau pedagang keliling yang mengeluhkan omsetnya turun saya doakan setelah ini begitu pandemi sudah mulai terkendali, omsetnya bisa kembali seperti dulu, sebelum adanya pandemi,” ucapnya.

Bantuan yang diberikan kali ini dalam bentuk dana modal. Untuk bantuan alat-alat produksi, hanya bisa diberikan kepada kelompok UMKM yang sudah berbadan hukum.

Mas Bup minta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopusmik) Kabupaten Kediri terus melakukan pendampingan kepada usaha kecil yang belum berbadan hukum.

”Jika ingin bantuan berupa barang, harus berbentuk badan hukum. Nanti akan diarahkan oleh Dinas Kopusmik agar bisa diberikan bantuan alat-alat produksi,” pungkas Mas Bup. (putera/pr)

Komentar