oleh

Kusnadi Minta Vaksinasi Para Pendidik di Jatim Dipercepat

SURABAYA – Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi minta percepatan vaksinasi Covid-19 bagi para pendidik, utamanya guru. Untuk itu, Kusnadi minta Pemprov Jatim segera berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota.

Menurutnya, pembelajaran tatap muka (PTM) di Jawa Timur harus segera dilakukan, meski dengan catatan harus ada pemberlakuan batasan siswa dan penerapan protokol kesehatan.

“Saya minta segera ada koordinasi,” kata Kusnadi, Selasa (6/4/2021).

Pria yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini menambahkan, percepatan vaksinasi untuk tenaga produktif seperti guru harus segera dilakukan.

Jumlah 20 persen guru di Jawa Timur yang sudah divaksin, harus lebih ditingkatkan, mengingat semakin mepetnya tahun ajaran baru di Juli 2021.

“Secepatnya harus segera dilakukan. Tentu untuk kelancaran PTM nantinya,” terangnya. 

Melansir data kemdikbud.go.id di Jawa Timur saat ini ada 423.931 guru mulai dari PAUD hingga sekolah menengah. Jumlah itu terbagi 136.171 guru laki-laki dan 287.760 guru perempuan.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat dilakukan saat ini tanpa harus menunggu bulan Juli 2021.

Terlebih, Surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang diumumkan pada Selasa (30/3/2021) telah berlaku.

Nadiem juga mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan, yaitu guru dan tenaga pendidik, yang sudah divaksinasi segera membuka opsi PTM terbatas.

Sekolah juga dapat menggelar PTM sesuai dengan persyaratan yang ada meskipun masih ada tenaga kependidikan yang belum divaksinasi Covid-19. (goek)

Komentar