oleh

Kuli-Tukang Becak Ikut Sumbang Dana Kampanye Jokowi-JK

antre sumbang dana jokowi-jkJEMBER – Ratusan warga Jember rela menyumbang dana untuk pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla melalui kantor BRI unit Patrang, Rabu (11/6/2014). Saking banyaknya yang menyumbang, mereka antre hingga di luar kantor bank BRI tersebut.

Menurut M Rosyidi, Sekretaris PAC PDI Perjuangan Kecamatan Patrang yang mendampingi warga, aksi membantu dana kampanye bagi Jokowi-JK adalah gerakan spontan. Warga dari beragam profesi seperti kuli bangunan, tukang becak, dan sebagainya itu ingin menyumbang langsung ke rekening resmi Jokowi-JK, tanpa melalui perantara.

Mengenai jumlah total sumbangan yang diberikan Rosidi mengaku tidak tahu. Sebab tiap orang membawa slip setoran sendiri-sendiri, dengan nilai bervariasi antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

Nilai yang disumbangkan, tambah Rosyidi, memang tidak terlalu besar, karena masyarakat memberikan sumbangan secara spontanitas. Namun bukan nilai uangnya yang dilihat, tetapi bentuk kepedulian dan dukungan masyarakat kepada pasangan Jokowi-JK yang ditunjukkan oleh masyarakat jauh lebih penting.

“Mereka ini ingin nyumbang karena hati nurani. Jumlah sumbangan beragam mulai ada yang hanya Rp 5.000, Rp 10.000,” ungkap Rosyidi

Sebenarnya, kata Rosyidi, PDI Perjuangan dan partai koalisi lain ingin mengoordinasi pemberian sumbangan itu. Tapi mereka tidak mau, sehingga akhirnya satu orang satu setoran.

“Kami koordinasi di dalam dengan pihak bank, katanya tidak masalah sebab toh ini pakai rekening giro,” jelasnya.

Dia menambahkan, pendampingan kepada masyarakat yang akan memberikan sumbangan dana kampanye untuk pasangan Jokowi-JK bukan hanya dilakukan fungsionaris PDI Perjuangan. Tapi juga dilakukan fungsionaris partai koalisi lainnya di masing-masing kecamatan.

Tim kampanye nasional pasangan Jokowi – JK membuka tiga rekening yang untuk menerima sumbangan bagi pencalonan pasangan tersebut. Ketiga rekening itu adalah Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri dan Bank Central Asia, yang semuanya atas nama Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Buruh Tani Urunan untuk Jokowi-JK

Pada Senin (9/6/2014) sebelumnya, kalangan buruh tani di Dusun Babatan, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan juga menyumbangkan uang ke rekening kampanye Jokowi-JK. Sebanyak 11 buruh tani menransfer uang sebesar Rp 135.000 ke rekening 122301000172309 atas nama Joko Widodo-Jusuf Kalla di BRI Pasuruan, Jalan Pahlawan, Kota Pasuruan.

Hajin, seorang buruh petani mengatakan, uang yang ditransfer itu dikumpulkan dari upah buruh mereka. Sumbangan tersebut, ungkapnya, sebagai wujud dukungan mereka terhadap pasangan Jokowi-JK.

Dia mengatakan, pada hari itu belasan tani memang sengaja menyisihkan sebagian uang upah mereka untuk disumbangkan. Jumlah uang yang mereka sumbangkan pun bervariasi. “Ada yang nyumbang Rp 5.000, ada yang Rp 10.000, ada juga yang 17.000,” kata Hajin.

Lewat uang sumbangan itu, jelas Hajin, mereka berharap bisa sedikit membantu untuk memenangkan pasangan Jokowi-JK. “Kami ingin memiliki pemimpin seperti Pak Jokowi. Sebab, Pak Jokowi lebih merakyat,” ujarnya. (pri/*)

sumber ilustrasi foto: jkw4p