oleh

Kota Batu Siap Berkolaborasi dengan Daerah Lain

BATU – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko merespon positif keinginan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat untuk kerja sama di sektor wisata

Eddy menegaskan, Pemkot Batu kerja sama selalu terbuka bagi pemerintah daerah yang ingin berkolaborasi. Terlebih bagi daerah dengan potensi wisata sebagai program andalan.

“Kami pasti dan selalu terbuka kepada setiap daerah yang ingin kerjasama,” kata Eddy Rumpoko, kemarin.

Wali kota yang akrab disapa ER ini mengatakan, suatu daerah tidaklah mungkin berdiri sendiri, tanpa dukungan dan kerjasama strategis antar daerah.

Selama dia pimpin, Pemkot Batu terus belajar begaimana membangun daerah lebih baik lagi. Termasuk belajar kepada daerah yang memiliki keunggulan, seperti Kabupaten Raja Ampat.

“Bagaimana pemerintahan di sana, belajar mengelola wisata alam yang bagus di Raja Ampat. Nah, dengan sebuah jalinan kerjasama, jadi saling mengisi. Tidak bisa berdiri sendiri,” terang politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, dalam kunjungan kerjanya ke Pemkot Batu, Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati mengatakan, dari kunjungan awal ini pihaknya segera menindaklanjuti dengan sebuah komitmen perjanjian kerja sama. Yakni kerjasama tentang promosi wisata bersama.

“Harapannya Kota Batu dapat mempromosikan potensi wisata Raja Ampat baik kepada masyarakat sini sendiri maupun daerah sekitarnya,” ujar pria akrab disapa AFU ini.

Dia mengungkapkan, potensi daerahnya hampir sama dengan Kota Batu. Yakni wisata berkelanjutan ditunjang potensi alam.

Dicontohkannya, hampir 98 persen Raja Ampat merupakan wilayah konservasi. Unggulannya adalah wisata bawah laut dengan keindahan terumbu karang serta ribuan spesies ikan.

“Kami pilih Kota Batu juga atas rekomendasi Kementerian Keuangan soal akuntabilitas dan rekomendasi Kementerian Pariwisata tentang manajemen dan partisipasi masyarakat wisata,” ungkap AFU.

Dia juga mengapresiasi capaian dan keberhasilan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dalam memimpin Kota Batu. “Kami dan jajaran pemerintahan Kabupaten Raja Ampat datang untuk belajar kesuksesan di sini sebagai destinasi wisata,” ujarnya. (goek)