oleh

Ketua DPRD Surabaya: Layanan Publik Harus Jangkau Semua Lini

SURABAYA – Ketua DPRD Surabaya Armuji mengatakan, layanan publik masih jadi catatan dewan untuk pemerintah kota jelang tutup tahun 2016.

Dewan minta Pemkot Surabaya terus berupaya keras menggerakkan energinya agar bisa melayani masyarakat di semua bidang dengan baik.

Menurut Armuji, tugas pokok pemerintah adalah sebagai pelayan masyarakat. Layanan publik, kata Armuji, harus bisa menjangkau ke seluruh lini dan menembus semua wilayah Kota Pahlawan.

“Layanan masyarakat yang baik, harus menyelusup hingga ke kampung-kampung,” katanya, kemarin.

Dia menambahkan, saat ini sudah bergeser ke era digital, di mana semua bidang bisa diakses melalui teknologi gadget dalam genggaman tangan.

Karena itu, pihaknya mengapresiasi mulai dikedepankannya layanan online di banyak sektor, di antaranya layanan Surabaya Single Window. Kemudian pembuatan kartu keluarga (KK) kini juga sudah bisa secara online.

Armuji menyatakan, layanan online sangat membantu masyarakat sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sedang layanan publik di bidang transportasi, tambah pria yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini, masih membutuhkan perhatian serius Pemkot Surabaya di tahun mendatang.

Menurutnya, memang pemkot tidak bisa membatasi kepemilikan kendaraan pribadi, tapi pemkot bisa berperan dalam membuat regulasi untuk pengaturan transportasi.

Seperti pengaturan jaringan jalan, membuat sistem pengaturan kendaraan yang lewat dan semacamnya. Apalagi tahun depan ada rencana realisasi angkutan massal cepat (AMC).

“AMC diharapkan menjadi solusi untuk kemacetan yang masih terjadi di beberapa kawasan di Surabaya, terutama tengah kota,” tuturnya. (goek)