oleh

Ketika Megawati Kenang Pertunjukan Wayang di Istana Bersama Bung Karno

JAKARTA – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengenang masa kecilnya saat menonton wayang di Istana Kepresidenan. Kala itu sang ayah, Presiden RI pertama Soekarno sering mengadakan pagelaran wayang di Istana.

Mega mengatakan, Bung Karno hampir dua bulan sekali menggelar pertunjukan wayang kulit di Istana dan membiarkan masyarakat dari luar turut menonton.

“Beliau selenggarakan wayangan yang dihadiri masyarakat sehingga kami waktu kecil mengingat sampai luber. Sampai banyak yang duduk di lantai baik di depan maupun di belakang layar,” kenang Megawati saat memberi sambutan dalam pertunjukan wayang di Cikini, Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

Ketua Umum PDI Perjuanggan itu pun berpesan kepada generasi milenial agar turut melestarikan wayang sebagai salah satu warisan budaya bangsa.

Bahkan, kata Megawati, wayang juga digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk berdakwah menyebarkan Islam di tanah Jawa.

“Anak muda Indonesia boleh saja mengetahui kejadian di dunia internasional, budaya mereka kita ketahui masuk di Indonesia. Tapi kita harus menjaga kelestarian budaya bangsa kita sendiri,” tutur Megawati.

“Kalau kita lihat tamu kita orang asing karena mereka sendiri tak punya pertunjukan seperti kita yang hubungan kekeluargaan dan interaksinya sangat kental,” lanjut Ketua Umum PDI-P itu. (goek)

rekening gotong royong