oleh

Jokowi Pilih Andika Jabat KSAD, Legislator PDIP: Sangat Tepat

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon memuji Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang baru, Jenderal TNI Andika Perkasa. Menurut Effendi, Presiden Joko Widodo sangat tepat memilih Andika.

“Beliau kami pandang mempunyai nilai yang lebih lah dari yang lain. Walaupun tidak mengatakan yang lain tidak baik ya,” ujar Effendi di kompleks parlemen, Kamis (22/11/2018).

“Dari sisi background juga sudah paripurna ya, dari berbagai medan pengabdian,” tambah Effendi.

Di luar kinerjanya, sebut Effendi, Andika juga memiliki rekam jejak positif. Dia mengatakan, Andika merupakan sosok yang cakap dan profesional.

Dia bahkan mengacungkan jempol ketika bercerita tentang Andika. “Jenderal Andika juga dengan rekam jejak dia yang selama ini kita lihat orangnya humble ya, santun, dan keluarganya juga baik,” ujar Effendi.

Presiden Jokowi, Kamis pagi, melantik Andika sebagai KSAD menggantikan Mulyono. Sebelumnya, Andika menjabat sebagai Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad).

Jokowi menilai, Andika Perkasa layak diangkat sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Mulyono. Menurut Jokowi, Andika merupakan sosok yang komplet lantaran pengalamannya memimpin sejumlah satuan di TNI.

“Pak Andika pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah jadi Pangdam, pernah jadi Komandan Paspampres, sebelumnya juga pernah di Penerangan TNI. Saya kira tour of duty-nya komplet, semuanya komplet,” jelas Jokowi di Istana Negara.

Presiden menyatakan tidak menjadikan angkatan sebagai faktor utama dalam memilih pimpinan tertinggi di matra TNI AD tersebut.

“Ini bukan masalah dari muda atau tua, ya. Sekali lagi, semua ada hitung-hitungannya. Terutamanya, yaitu pengalaman, rekam jejak, khususnya pendidikan-pendidikan yang telah dijalani. Semuanya itu kami lihat,” lanjut Jokowi.

Mengenai tugas khusus untuk Andika selaku KSAD, Jokowi menegaskan, tidak usah tugas-tugas khusus. “Pak KSAD yang baru tahu lah apa yang harus dikerjakan untuk negara, untuk bangsa ini. Tahu semuanya, 100% tahu,” pungkasnya. (goek)