oleh

Indah Kurnia Yakinkan Pekerja Seni Berani Ikut Vaksinasi

-Legislatif-65 kali dibaca

SURABAYA – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Indah Kurnia turut mengawal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pekerja seni Surabaya, di Ruang Binaloka, Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Surabaya, Selasa (27/4/2021).

Indah Kurnia mengatakan, vaksinasi ini salah satu upaya agar terbebas dari pandemi Covid-19. Terutama disaat pemerintah mulai menghidupkan kembali sektor pariwisata untuk mengembalikan perekonomian, yang salah satu unsurnya adalah pekerja seni.

Baca: Band Musik Binaan Indah Kurnia Hibur Peserta Vaksinasi

“Karena sekarang dunia pariwisata kan diunggulkan oleh pemerintah untuk mengembalikan perekonomian kita, dan salah satu unsurnya adalah para pelaku hiburan atau pekerja seni. Jadi mereka yang aktif berkarya itu harus diamankan dari potensi memaparkan dan dipaparkan Covid-19,” jelas Indah.

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam vaksinasi ini. Yakni, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim selaku fasilitator, para tenaga medis profesional, serta para pelaku seni yang tergabung dalam Surabaya Entertainer Club (SEC).

Adapun pelaksanaannya dilakukan secara bertahap yang terbagi dua gelombang dengan total peserta 270 pekerja seni yang tersebar di Kota Surabaya.

“Ada dua gelombang untuk vaksin ini. Gelombang pertama 144 orang, dan gelombang kedua 130 orang. Hari ini adalah gelombang kedua tahap pertama, yang kemarin gelombang pertama tahap kedua, kan ada jeda 28 hari, jadi mulai bulan lalu kami sudah divaksin,” ujar Komisi XI DPR RI ini.

Baca juga: Solusi Hadapi Pandemi, Indah Kurnia Sosialisasikan Layanan Keuangan Digital

Ke depan, dia akan terus berkomitmen menggeliatkan perekonomian dan semangat para pekerja seni dengan mengadakan beberapa acara rutin. Seperti acara Thursjam untuk Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ) dan mobil caravan sebagai media musisi untuk berkarya sambil keliling, dan sebagainya.

“Begitu pandemi ini dicanangkan Maret tahun lalu, semua kan berhenti total. Seluruh dunia hiburan kan tutup, seluruh orang yang menikah, wedding organizer kan tidak ada, sehingga seluruh anak band, penyanyi dan seluruh yang terkait di dalamnya termasuk fotografer, event organizer, semuanya berhenti. Jadi saya melakukan beragam cara untuk membuat mereka tetap memiliki harapan, dan semangat,” ujarnya.

Indah mengucapkan terima kasih atas fasilitas yang telah disediakan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ia juga mengimbau para pekerja seni agar tidak gegabah dan tetap menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), serta berharap dengan adanya kegiatan ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

“Mudah-mudahan ini dapat membawa berkah, membawa manfaat, bisa mendukung Surabaya untuk turun kasusnya, begitu juga di Jawa Timur, dan Indonesia. Dan tentunya ekonomi yang diharapkan bergerak, karena ekonomi, kesehatan, dan keselamatan ini satu kesatuan,” tandasnya.

Salah satu peserta vaksinasi, Totok Afiat Hadianto yang juga anggota komunitas SEC antusias mengikuti acara ini dan berterima kasih kepada Indah Kurnia yang telah meyakinkan dirinya agar berani vaksin.

“Acaranya luar biasa, saya sampai berangkat jam 7 pagi. Saya juga harus berterima kasih dengan bu Indah Kurnia karena meyakinkan saya yang ragu-ragu disuntik ini. Tapi beliau memberi motivasi kepada saya dan meyakinkan bahwa semua aman dan enjoy, ternyata memang gapapa kayak digigit semut,” ujarnya. (nia/pr)