oleh

Hasto: Kebenaranlah yang Akhirnya Menang

pdip-jatim-hasto-wayangan-ngawiNGAWI – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri selalu menanamkan nilai Satyam Eva Jayate, yang disampaikan pertama kali oleh Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit.

“Satyam Eva Jayate yang artinya kebenaranlah yang akhirnya menang, merupakan salah satu nilai yang diyakini PDI Perjuangan,” jelas Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sabtu (5/3/2016) malam.

Pernyataan Hasto ini disampaikan, saat memberikan sambutan acara syukuran kemenangan pasangan Budi Sulistyono-Ony Anwar di Pilkada Ngawi 2015 lalu. Syukuran yang dimeriahkan pertunjukan wayang kulit ini digelar di alun-alun Ngawi.

Acara itu juga sebagai bentuk syukur, karena PDI Perjuangan telah memenangkan 13 pilkada dari 19 daerah di Jawa Timur yang ikut pilkada serentak 2015.

Saat menyampaikan sambutan, Hasto menyampaikan pesan Megawati Soekarnoputri yang minta seluruh kepala daerah PDI Perjuangan benar-benar mewujudkan Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan. Hasto juga menegaskan bagaimana nilai Satyam Eva Jayate agar diperhatikan seluruh kader PDI Perjuangan.

Wayang, lanjut Hasto, tidak sekadar ekspresi kebudayaan. Sebab wayang menggambarkan ritual kehidupan manusia dalam pergulatan mewujudkan nilai-nilai kebenaran. (Hasto: Luar Biasa, Dukungan Masyarakat kepada Kanang-Ony)

“Hal ini nampak dalam keseluruhan cerita wayang yang berkiblat pada satu nilai bahwa kebenaranlah yang akhirnya menang,” terangnya.

Dia menambahkan, wayang dengan lakon Gatotkaca Winisuda itu menegaskan pergulatan seorang satria yang rela menjalankan tugas. Membela negara tanpa pamrih dan bersedia menerima tugas membela negara dengan jiwa pengorbanan.

“Dengan melihat pagelaran wayang ini kita bisa melihat bagaimana setiap satria hanya akan selamat apabila dia dikawal oleh para punakawan. Punakawan dalam wujud Semar, Gareng, Petruk dan Bagong adalah cerminan dari wong cilik yang sekaligus orientasi dedikasi hidup PDI Perjuangan,” papar Hasto.

Mantan anggota DPR RI dari dapil 7 Jatim yang juga meliputi Kabupaten Ngawi itu juga mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Ngawi terhadap pasangan bupati-wakil bupati terpilih yang diusung PDI Perjuangan. (goek)