oleh

Hadapi 19 Pilkada 2018, Ini yang Dilakukan PDIP Jatim

-Berita Terkini, Kronik-41 kali dibaca

KEDIRI – PDI Perjuangan Jawa Timur menyiapkan pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) serentak pada 2018. Di Jatim, pilkada serentak tahun depan terdiri dari satu pemilihan gubernur (pilgub), lima pemilihan wali kota (pilwali), serta 13 pemilihan bupati (pilbup).

“Ada pilkada di 18 kabupaten-kota yang tim pemenangannya akan bersinergi dengan tim pemenangan pilgub,” kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sonny T Danaparamita kepada wartawan, kemarin.

Untuk itu, tambah Sonny, Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan yang daerahnya bakal mengikuti pilkada, saat ini tengah mempersiapkan diri bergotong royong memenangkan pasangan calon (paslon) yang akan ditetapkan DPP Partai.

Terkait Pilgub Jatim, ungkap Sonny, Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Jawa Timur menginventarisir beberapa nama yang layak sebagai kandidat bakal calon gubernur maupun bakal calon wakil gubernur.

Di antaranya adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Annas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Mereka adalah para pejabat kepala daerah atau wakil kepala daerah yang dianggap beprestasi dan memiliki elektabilitas tinggi. Sebagai petahana, elektabilitas Gus Ipul dinilai masih tinggi di Jawa Timur dan memiliki kemampuan komunikasi bagus dengan masyarakat.

Sementara, Azwar Annas memiliki jejak rekam luar biasa dalam melentingkan Kabupaten Banyuwangi ke kancah nasional dan internasional, terutama di bidang pariwisata.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono, menurut Soni, dinilai memiliki kemampuan mengelola pemerintahan terbaik di wilayah mataraman.

Demikian pula Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah mendapat pengakuan dari internasional atas kepemimpinannya di Kota Pahlawan.

Sementara dari kader internal partai, PDI Perjuangan telah menjajaki beberapa nama yang dianggap mumpuni.

Mereka adalah Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur sekaligus Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi (Pak Kus), dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim Sri Untari.

Ada pula Wara Sundari Renny Pramana yang menjabat Bendahara DPD PDI Perjuangan sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Kediri. Renny merupakan adik kandung Sekab Pramono Anung. (goek)