oleh

Guruh Sukarno Gelontorkan 15.000 Beasiswa PIP

SIDOARJO – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Guruh Sukarno Putra menyalurkan belasan ribu (15.000)  beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2017 untuk siswa-siswi yang ada di Surabaya dan Sidoarjo.

Melalui puluhan relawan yang mengatasnamakan Bala Guruh Sukarno Putra, program tersebut  disosialisasikan baik ke sekolah-sekolah maupun Kampung-kampung.

Koordinator Bala Guruh Didik Nurhadi mengatakan, minggu-minggu ini pihaknya gencar menyosialisasikan hal tersebut.

“Sosialisasi realisasi dan pencairan dana beasiswa PIP kami lakukan ke sekolah-sekolah termasuk ke kampung-kampung. Masih banyak wali siswa yang bingung dengan tatacara dan syarat-syarat administrasi yang harus dilampirkan untuk bisa mencairkan dana tersebut dari bank,” kata Didik Nurhadi, kemarin.

Selain Bala Guruh, lanjut Didik, pihaknya juga berkoordinasi dengan partai dalam hal ini DPC PDI Perjuangan Surabaya dan Sidoarjo untuk melakukan pengawalan dan pengawasan terkait  pelaksanaan program ini.

“Agar beasiswa betul-betul sampai ke masyarakat atau siswa yang bersangkutan,” katanya.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDI Perjuangan Sidoarjo Heru Setyanto menambahkan, PIP 2017 adalah program Pemerintahan Joko Widodo melalui Kementerian Pendidikan sebagai upaya dari negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Seperti tahun sebelumnya, program ini diperuntukkan bagi siswa dari keluarga rentan miskin.

“Tujuannya agar anak-anak usia sekolah bisa mengenyam pendidikan dengan baik. Program ini juga sebagai langkah pencegahan agar tidak ada anak putus sekolah karena persoalan keuangan dalam keluarganya,” kata Heru.

Untuk sosialisasi yang telah digelar, lanjut Heru, baik pihak Bala Guruh maupun Partai menekankan kepada wali siswa untuk menggunakan dana beasiswa tersebut sesuai peruntukannya.

Yakni untuk menopang kebutuhan belajar siswa. Misalnya untuk pembelian buku, tas, alat tulis, sepatu atau transportasi siswa ke sekolah.

“Jangan sampai misalnya dana tersebut untuk keperluan creambath di salon, untuk arisan, dan lain-lain. Harus digunakan untuk keperluan siswa,” ujarnya. (goek)

rekening gotong royong