oleh

Guraklih dan Saksi Sebagai Kunci Kemenangan Gus Ipul-Mbak Puti

SIDOARJO – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Cabang Sidoarjo kembali menggelar pelatihan regu penggerak pemilih (guraklih) dan saksi pasangan Cagub-cawagub Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno.

Kali ini, pelatihan digelar di Desa Permisan Kecamatan Jabon, Minggu (3/6/2018) sore.

Wakil Ketua DPC PDIP Sidoarjo Mundzir Dwi Ilmiawan dalam sambutan pembukaan pelatihan mengatakan, guraklih dan saksi sebagai kunci kemenangan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti.

“Guraklih bertugas menggalang suara. Sedangkan saksi bertugas mengawal dan mengamankan suara yang diberikan pemilih untuk pasangan calon. Maka diperlukan loyalitas dan kedisiplinan yang tinggi dalam tugas-tugas pemenangan Gus Ipul-Mbak Puti,” kata Mundzir.

Kepala BSPN PDIP Sidoarjo Heru Setyanto menambahkan, pelatihan diikuti 180 saksi se-Kecamatan Jabon. Mulai dari tingkat TPS, koordinator saksi tingkat desa, dan saksi tingkat kecamatan.

“Setiap TPS kita siapkan 2 saksi. Jumlah TPS di Jabon sebanyak 82. Kemudian ditambah satu koordinator saksi sebanyak 15 orang sesuai jumlah desa. Dan satu lagi saksi tingkat kecamatan,” papar Heru.

Pelatihan saksi digelar sore hari dikemas dengan cara simulasi.

Panitia mendesain tempat pelatihan menyerupai tempat pemungutan suara. Mulai dari gambar paslon, visi misi dan daftar pemilih tetap yang ditempel di pintu masuk TPS.

Termasuk layout meja kursi untuk petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), saksi, linmas, hingga kursi warga pemilih.

Tidak itu saja, panitia juga menyiapkan surat undangan memilih, surat suara, tinta, hingga bilik dan kotak suara yang dibuat hampir serupa. Sebagian peserta juga berperan sebagai petugas KPPS, saksi maupun pemilih.

“Dengan model simulasi, kami harapkan saksi bisa memahami dengan baik bagaimana proses pemungutan maupun penghitungan suara dilakukan,” pungkas Heru. (goek)