oleh

Genjot Penjualan Jeruk Pamelo Magetan, Ini Ajakan Puti Guntur

-Berita Terkini-6 kali dibaca

MAGETAN – Pasangan Cagub-cawagub Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno siap memfasilitasi pengembangan tempat wisata berbasis pedesaan.

Di antaranya, melatih para ibu-ibu rumah tangga dan para pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk lebih mengoptimalkan tempat wisata di desanya.

“Di desa ini bisa dibangun wisata berbasis pedesaan. Bentuklah pokdarwis bagi anak-anak mudanya. Ketika desa ini menjadi maju, kami beri fasilitas penunjangnya, seperti pelatihan home industri untuk ibu-ibu,” kata Puti Guntur.

Ajakan itu disampaikan Puti, di depan ratusan petani Jeruk Pamelo dan warga Desa Duwet, Kecamatan Bendo, Magetan, Kamis (5/4/2018).

Pelatihan industri rumahan itu, sebut Puti, di antaranya mengolah Jeruk Pamelo menjadi sirup dan minuman segar, kulitnya diolah jadi manisan, atau bisa diolah menjadi camilan keripik.

Menurut Puti, pasangan calon nomor 2 di Pilkada Jatim 2018 ini sudah menyiapkan beberapa program bagi masyarakat desa. Dan satu di antaranya adalah program Seribu Dewi atau 1.000 desa wisata.

“Karena program ini mengembangkan desa menjadi objek wisata yang akan menumbuhkan perekonomian masyarakat. Seribu desa ini bisa berbasis seni dan budaya, alam, religi, agro, dan maritim,” jelasnya.

Program seribu desa wisata ini nantinya juga akan menciptakan pokdarwis dengan memberikan pelatihan manajerial, digital marketing, dan akses modal usaha.

“Seperti kebun jeruk ini bisa dijadikan agrowisata yang tentunya bisa meningkatkan penjualan Jeruk Pamelo. Tinggal mengemasnya. Ini perlu dilakukan pendampingan, dengan memberikan pelatihan pada masyarakat untuk menciptakan sektor UMKM di desa,” ujar Puti.

Pemprov Jatim, tambah Puti, nantinya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, juga dengan pemerintah pusat, untuk membangunkan infrastruktur yang menunjang keberadaan desa-desa wisata.

Pendamping Cagub Saifullah Yusuf ini datang di perkebunan Jeruk Pamelo setelah silaturahmi di Ponpes Sabilil Muttaqin, Takeran. Selama di kebun jeruk, dia didampingi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim yang juga Bupati Ngawi Budi Sulistiyono.

Pasangan Cabup-cabup Magetan, KH Miratul Mukmini-Joko Suyono juga mengiringi safari kampanye Mbak Puti.

Di kebun, Puti bertemu para petani jeruk dan berkesempatan untuk memetik langsung Jeruk Pamelo. Dia bahkan langsung mencicipi jeruk usai memetiknya. “Segar, dan manis…,” ujarnya.

Puti menyebutkan, Jeruk Pamelo Magetan ini pemasarannya sudah tersebar di berbagai daerah di Jatim bahkan sampai ke kota-kota besar di Indonesia.

Usai memetik dan menikmati Jeruk Pamelo, Puti mengikuti dialog dengan para petani. Dialog yang difasilitasi Relawan Petani Jeruk Pamelo ini berlangsung di sebuah rumah warga yang lokasinya bersebelahan dengan kebun jeruk. (goek)

rekening gotong royong