oleh

ER: Selama Ramadhan dan Lebaran, Sembako di Batu Aman

KOTA BATU – Wali Kota Eddy Rumpoko minta masyarakat tidak khawatir terkait ketersediaan pangan di Kota Batu menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Eddy memastikan pasokan sembako di Kota Batu aman. Sebab, Kota Batu memiliki potensi pertanian.

Meski demikian, dia dan jajarannya tetap koordinasi dengan instansi lain terkait ketahanan pangan.

Menurut wali kota yang akrab disapa ER ini, harga sembako di Kota Batu sekarang masih stabil. Kondisi semacam ini, sebutnya, tidak ada masalah dari tahun ke tahun.

“Yang penting, kebutuhan masyarakat bisa dikendalikan dan kami pun berusaha agar kebutuhan pokok terpenuhi. Makanya kami pantau terus menerus,” ujar Eddy Rumpoko, Rabu (3/5/2017).

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjamin persediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan jelang Ramadhan hingga Lebaran.

Tito Karnavian mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, semua lembaga pemerintah diminta mampu menjamin ketersediaan dan stabilitas harga pangan jelang bulan Ramadhan hingga Lebaran.

Dia menyebutkan, persoalan ketersediaan dan stabilitas harga pangan sangat signifikan dipengaruhi oleh rantai distribusi pangan. Hal ini tidak lain terjadi karena adanya spekulan yang mempermainkan harga.

“Saya perintahkan seluruh Kapolda untuk menindak setegas-tegasnya. Prinsipnya kami akan bekerja sama dengan Kementan, Kemendag, Kemendagri, Bulog dan KPPU dan akan melakukan langkah bersama agar harga tetap stabil,” tegas Tito.

Terkait hal ini, Polri segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang bertugas secara khusus melakukan pengawasan dan penindakan secara tegas terhadap spekulan yang menimbun stok pangan.

Sebab menurutnya, terjadinya kenaikan harga yang tidak wajar jelang hingga Lebaran merupakan olah spekulan yang menginginkan keuntungan tidak wajar. (goek)

rekening gotong royong