oleh

ER Ajak Warga Batu Aktif Jaga Hulu Sungai Brantas

KOTA BATU – Wali Kota Eddy Rumpoko mengajak masyarakat Kota Batu agar terus aktif menjaga kelestarian lingkungan, khususnya sekitar Sungai Brantas. Sebab, sungai yang berhulu di Kota Batu ini mengaliri 14 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

”Harus ada gebrakan bersama, bukan hanya dari pemerintah, tapi juga semua warga,” kata Eddy Rumpoko, kemarin.

Ajakan itu dia sampaikan saat membuka acara Smart Camp bertajuk ”Brantas Adalah Kita” yang diselenggarakan komunitas Smart Sisir, di Lapangan Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Menurut kader PDI Perjuangan ini, Sungai Brantas tidak hanya bisa dimanfaatkan airnya untuk pertanian warga. Namun juga bisa menunjang pariwisata di Kota Batu.

Sehingga, secara tidak langsung akan menambah kesejahteraan bagi banyak warga. Terutama yang tinggal di sekitar aliran sungai.

“Sungai Brantas banyak memberikan kehidupan bagi warga. Makanya harus dijaga bersama,” ajaknya.

Pria yang akrab disapa ER ini juga mengimbau seluruh masyarakat untuk terus memproduksi nilai-nilai yang positif, sehingga bisa menjadi wilayah percontohan untuk lingkungan yang lain.

Oleh karena itu, dia mengharapkan untuk tetap konsisten menjadi suri tauladan dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup sekitar untuk generasi di masa depan. Khususnya sumber air yang melimpah ruah yang ada di Kota Batu.

“Setelah ini, Sungai Brantas akan menjadi satu catatan baru lagi terkait tugas dan kewajiban Pemerintah Kota Batu untuk turut serta dalam aksi konservasi lingkungan,” ucapnya.

“Acara ini mendapat apresiasi dengan penuh kesadaran dari jajaran pemerintah, TNI, Polri dan tenaga-tenaga pendidik mengajak seluruh tunas-tunas penerus bangsa untuk menjaga ekosistem Sungai Brantas,” tambah ER.

Smart Camp di lapangan Sisir ini berlangsung hingga Minggu (23/4/2017), dan diikuti siswa SD-SMP seluruh Kota Batu. (goek)