oleh

Dukung Kedaulatan Pangan, Daniel Rohi Sambangi Petani dan Peternak

-Legislatif-63 kali dibaca

MALANG – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Daniel Rohi, dalam kesempatan reses periode kedua tahun 2021 mengunjungi kelompok-kelompok tani dan ternak yang ada di desa Sidoasri dan Tulungrejo, Kabupaten Malang.

Daniel Rohi menuturkan bahwa pemerintah saat ini tengah melakukan berbagai cara untuk dapat mencapai kedaulatan pangan nasional. Salah satunya melalui program kartu tani.

“Pemerintahan Joko Widodo sudah melakukan berbagai cara untuk membantu para petani salah satunya adalah dengan program kartu tani. Sehingga pemerintah memiliki data mengenai petani-petani yang ada di suatu wilayah dan memastikan program-program pemerintah itu benar-benar tertuju kepada petani langsung,” terang Daniel Rohi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/5/2021).

Selain itu untuk menopang program kedaulatan pangan yang dicanangkan pemerintah pusat, saat ini di DPRD Provinsi Jawa Timur dia juga memperjuangkan adanya kenaikan anggaran di bidang pertanian.

“Kami di DPRD Provinsi Jawa Timur sedang mengusahakan agar anggaran untuk pertanian di Jatim itu dinaikkan. Sehingga kita akan usahakan agar ada cadangan dana untuk dapat menyelesaikan permasalahan kelangkaan pupuk,” paparnya.

Selain berbicara terkait program yang telah dan sedang diusahakan oleh pemerintah kepada para petani, Daniel Rohi dalam kesempatan resesnya juga berbicara kepada para petani untuk bisa dan berupaya untuk membuat pupuk pupuk organik.

Dengan petani yang bisa menerapkan sistem berdikari, menurutnya itu akan menjadi sebuah lompatan di bidang pertanian di Jawa Timur sehingga akan dapat mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Seiring dengan perkembangan zaman, menurut anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil Malang Raya tersebut diperlukan adanya teknologi pasca panen untuk membuat hasil hasil pertanian menjadi lebih baik

“Nah, disitu ini kita harapkan dan usahakan ada sebuah teknologi pascapanen di mana desa juga perlu untuk kemudian melakukan manajemen produksi logistik yang bagus,” ujarnya.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tersebut juga menerangkan terkait bantuan kepada pembudidaya ikan lele dan nila dalam rangka penyediaan bibit.

“Ada program bantuan hibah untuk budidaya ikan lele atau nila di situ nanti saya akan berusaha untuk membantu penyediaan dalam bibit ikan yang diperlukan oleh masyarakat,” bebernya.

Dia juga menyoroti betul bagaimana kemudian bidang pertanian dan peternakan dapat menjadi penopang dalam membangun kedaulatan pangan nasional. Sehingga sebagai seorang wakil rakyat ia berkomitmen untuk memajukan pertanian dan peternakan yang ada di wilayah Malang Raya.

“Dalam mencapai kedaulatan dan ketahanan pangan itu, setiap desa harus bisa mencukupi dirinya sendiri. Kalau kurang baru beli dari luar atau kalau bisa menghasilkan lebih dan bisa dijual hasilnya,” pungkasnya. (ace/pr)