oleh

Dua Menteri Kader PDIP Jadi Caleg DPR

JAKARTA – PDI Perjuangan mengusung dua kadernya yang menjabat menteri sebagai calon anggota DPR periode 2014-2019. Keduanya, yakni Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

“Puan maju di dapil Jawa Tengah, Yasonna di Sumatera Utara,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat mendaftarkan 575 caleg PDIP di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Hasto mengatakan, semula ada tujuh menteri yang akan diusung PDI-P sebagai caleg. Namun, setelah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya PDI-P hanya mencalonkan Puan dan Yasonna.

Sebab, lima menteri lainnya diminta Jokowi untuk fokus di kabinet. “Dari tujuh menteri, akhirnya kami hanya mencalonkan dua,” ujar dia.

Dua menteri yang batal dicalonkan adalah Mendagri Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hasto enggan menyebutkan tiga nama lainnya.

Hasto menambahkan, Puan dan Yasonna tidak perlu mengundurkan diri dari kabinet. Sebab, selama kampanye, mereka bisa mengajukan cuti.

Jokowi juga sebelumnya tidak keberatan apabila ada menterinya yang cuti kampanye karena ikut pileg.

Puan merupakan anggota DPR dari Fraksi PDI-P periode 2009-2014 dan 2014-2019. Namun, pada 2014, ia mundur dari DPR setelah ditunjuk menjadi Menteri PMK.

Begitu pula dengan Yasonna pernah menjadi anggota DPR periode 1999-2004, 2004-2009, 2009-2014.

Dalam Pemilu 2019 mendatang, PDIP juga mengusung sejumlah selebriti sebagai calon anggota DPR periode 2014-2019. Salah satu di antaranya adalah penyanyi Krisdayanti.

Menurut Hasto, Krisdayanti dicalonkan di (dapil) Malang Raya.”Ketika bertemu Krisdayanti kami tegaskan Anda punya tugas khusus dari Bu Megawati untuk menggelorakan semangat rasa cinta kepada kebudayaan nasional sehingga kita betul-betul hadir sebagai bangsa yang berkebudayaan,” tambah dia.

Selain itu, PDI-P juga merekrut mantan vokalis grup band Radja Ian Kasela. Ian akan maju dari dapil Kalimantan Selatan. “Ian Kasela ini favorit teman-teman wartawan,” seloroh Hasto.

Selain itu, ada juga sejumlah artis lain, yakni Jeffrey Woworuntu di Maluku, Harvey Malaiholo di Papua Barat, Lita zen, Kirana Larasati, Chica Koeswoyo, Sari Yok Koeswoyo, dan Angel Karamoy. (goek)