oleh

DPC PDIP Kota Probolinggo Jaring 9 Nama Bakal Cawali-cawawali

PROBOLINGGO – Pendaftaran bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota yang dilaksanakan DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo berhasil menjaring enam nama melalui proses pendaftaran.

Sampai masa penjaringan berakhir Kamis (15/6/2017), keenam kandidat tersebut telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Selain itu, Tim Penjaringan Cawali dan Cawawali Probolinggo dari PDI Perjuangan juga berhasil menjaring tiga nama melalui mekanisme internal Partai.

Di antara enam figur yang mengambil formulir pendaftaran dan menyerahkannya kembali ke Tim Penjaringan Cawali dan Cawawali Probolinggo dari PDI Perjuangan, adalah Wali Kota Hj Rukmini.

Selain Rukmini, ada satu nama lagi yang mendaftar sebagai cawali dalam Pilkada Kota Probolinggo 2018. Yakni pengusaha gaharu, Syamsu Alam.

Pendaftar lainnya, adalah Agus Riyanto, Agus Salim, dan Saiful Nurwahid. Ketiganya telah mengembalikan formulir dalam bursa kandidat calon wakil wali kota.

Satu nama lainnya yakni Kulub Widyono, telah mengembalikan formulir pendaftaran. Hanya, Kulub belum menentukan apakah dia maju sebagai bakal cawali atau cawawali.

“Ada enam yang mengembalikan formulir. Untuk yang tidak menentukan posisi sebagai cawali atau cawawali, itu apa kata DPD PDIP Jatim,” kata Ketua Tim Penjaringan Cawali dan Cawawali Probolinggo dari PDI Perjuangan, M Rukin, Jumat (16/6/2017).

Selain di luar figur itu, terang Rukin, juga ada nama Ketua DPC PDIP Kota Probolinggo, Haris Nasution; Bendahara DPC yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Probolinggo, HM Sulaiman; serta Ketua DPRD kota setempat Agus Rudiyanto Ghaffur.

Ketiga nama ini, terjaring sebagai kandidat calon dari internal partai. “Tiga nama yang terakhir ini, tak mengambil formulir pendaftaran. Pendaftaran itu hanya untuk menjaring bakal calon dari eksternal,” jelas Rukin.

Oleh karena itu, tambah dia, nama Nasution, Sulaiman dan Rudi Ghaffur juga akan dilaporkan ke DPD PDI Perjuangan Jatim, bersama enam pendaftar.

Sebelum menyerahkan laporan ke ke DPD PDI Perjuangan Jatim, tim penjaringan melakukan konsolidasi dan kordinasi terlebih dahulu di tingkat cabang.

“Sabtu atau Minggu besok kami rapat, selanjutnya DPD yang akan melakukan tes kelayakan bagi calon ini. Nama-nama yang dinilai layak, akan diajukan ke DPP untuk mendapat rekomendasi dalam pertarungan pilwali nanti,” ujarnya. (goek/*)