DPC Kabupaten Pasuruan Bantu Fasilitasi 2 UMKM Ikuti Pameran di KTT G20

 231 pembaca

KABUPATEN PASURUAN – Pendampingan dilakukan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) membuahkan hasil. Dua produk UMKM setempat turut dalam pameran pendukung acara Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali.

Menurut Ketua DPC Pasuruan Andri Wahyudi, dua produk UMKM Kabupaten Pasuruan turut dalam pameran di lokasi G20 di Nusadua, Bali, Sabtu dan Minggu (12-13/11/2022). Kemarin sudah kita berangkatkan ke Bali,” kata Andri.

Produk yang dipamerkan yakni, pertama, outfit atau perlengkapan pakaian berbahan sutera buatan Koperasi Kupu Sutera di Kecamatan Purwodadi. Ragam produk yang dipamerkan berupa sepatu hingga kain.

Kedua, produk minuman berbahan rempah-rempah khas warisan leluhur nusantara yang bermerk Keos Rempah.

Andri yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan mengatakan, jika dua produk hasil produksi UMKM Kabupaten Pasuruan tersebut sangat luar biasa. Sebab, setiap tahapan proses produksinya menguntungkan dan berdampak banyak kepada masyarakat kecil.

Sebagai contoh dalam pengolahan produk kupu sutera. Mulai dari pembudidayaan ulat sutera, pemanenan, pemintalan sutera, hingga proses produksi menjadi barang outfit berupa sepatu sutera dan kain sutera.

“Semuanya mengkaryakan para penyandang disabilitas Kabupaten Pasuruan,” kata Andri.

Sementara produk olahan rempah yang diproduksi Keos Rempah, semua bahan produksinya dibeli dari petani lokal, alias tidak menanam sendiri.

Meskipun diolah dengan secara luar biasa, dua produk tersebut harus mengikuti seleksi dahulu untuk dipamerkan di meja pameran G20. Dan DPC Kabupaten Pasuruan melakukan pendampingan bersama KADIN, untuk memberikan arahan kepada dua pegiat UMKM tersebut sampai lolos seleksi dan dipamerkan di KTT G20.

“Atas nama pribadi dan DPRD Kabupaten Pasuruan, kepada Abah Ilul atas dampingannya dengan KADIN Pusat, sehingga dua produk UMKM Kabupaten Pasuruan kita lolos seleksi untuk mengikuti ajang bergengsi G20. Serta support Pemkab Pasuruan,” tandasnya.(moh/hs)

Tinggalkan Balasan