oleh

Ditanya soal Koalisi, Sekjen PDI Perjuangan: Mari Dahulukan Prestasi Buat Rakyat Bersama Pak Jokowi

-Kliping Media-37 kali dibaca

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto menyatakan, PDI Perjuangsn akan mendahulukan kerja sama dengan partai politik pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo ketimbang menjajaki koalisi untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasto pun mengajak semua pihak untuk sama-sama menyukseskan pemerintahan Jokowi agar memberikan warisan yang baik bagi masyarakat.

“Mari dahulukan buru prestasi buat rakyat bersama Presiden Jokowi, nanti ada momentum yang tepat bagi kita untuk merancang kerja sama di dalam rangka Pilpres 2024,” kata Hasto saat ditemui di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/5/2022).

Hasto mengingatkan, rakyat sendiri yang akan menilai jika pemerintah Jokowi-Ma’ruf tidak meninggalkan warisan yang baik untuk masyarakat.

Hasto berpendapat, masih ada cukup waktu untuk membahas koalisi karena batas waktu pencalonan presiden baru akan jatuh pada September tahun depan.

“Jadi jangan bawa energi kontestasi terlalu dini yang kemudian menguras energi kita, kontestasi harus dibawa ke bawah, mari ramai-ramai membuat prestasi untuk rakyat,” ujar Hasto.

Ia mengatakan, PDIP berpandangan bahwa koalisi hanya dikenal dalam sistem demokrasi parlementer. Menurut dia, yang ada dalam demokrasi Indonesia adalah suatu kerja sama yang melibatkan seluruh komponen bangsa.

Indonesia, kata dia, telah berhasil menerapkan sistem musyawarah saat menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika pada 1955.

“Kenapa kita sekarang kita ikut-ikut budaya demokrasi barat yang sangat liberal dan kapitalistik, termasuk di dalam tata cara membangun koalisi yang penuh dengan transaksi kekuasaan,” ujar Hasto.

“Padahal yang dilakukan adalah kerja sama partai politik untuk kemajuan bangsa agar kita betul-betul menjadi pemimpin di antara bangsa-bangsa dunia, itulah demokrasi kita,” kata dia. (kompas)