Dibina Suyono Wiling dan Diana Sasa, Kartar Tunas Muda Terus Menambah Bidang Usaha

 59 pembaca

MAGETAN – Sekian purnama dibina kader-kader PDI Perjuangan, anak-anak muda Desa Sidokerto Kecamatan Sidorejo tergabung dalam Karang Taruna (kartar) Tunas Muda mempunyai ragam bidang usaha. Sabtu (18/6/2022) malam, kartar menambah satu bidang usaha lagi.

Sukses berjibaku dalam bidang usaha bank sampah, beternak cacing dan bekicot, hingga membuka warung kopi, kini anak-anak muda generasi milenial itu berupaya melipatkan pundi-pundi rupiah dengan budi daya ikan lele.

Sabtu malam, sejumlah pengurus dan anggota Karang Taruna Tunas Muda bersama anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Magetan, Suyono Wiling, menabur benih lele di kolam semi permanen tak jauh dari bank sampah yang mereka kelola.

“Ternak lele ini bagian dari pengembangan usaha kami, generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Muda,” ungkap Ketua Kartar, Priyo Bekti.

Dijelaskan Priyo, peternakan lele yang baru dibuka ini juga masih satu rangkaian dari bidang usaha yang lebih dulu berdiri. Pakan utama ikan lele adalah cacing dari hasil ternak sendiri, yang medianya berasal dari kompos hasil fermentasi dari sampah yang mereka kelola.

Diakui Priyo, karang taruna yang ia pimpin bisa berkembang seperti saat ini lantaran pembinaan dari kader-kader PDI Perjuangan.

Yakni, Suyono Wiling yang tercatat bertugas di DPRD Magetan dan Diana Amaliyah Verawatiningsih atau Diana Sasa yang bertugas di DPRD jawa Timur.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Suyono Wiling atas pembinaan yang beliau lakukan, sehingga karang taruna dengan berbagai bidang usaha dapat berkembang dan maju seperti saat ini,” katanya.

“Juga kepada Ibu Diana Sasa, beliau banyak berkontribusi kepada organisasi kami terutama pada sektor usaha bank sampah,” ujar Priyo.

Diungkapkan Priyo, pendampingan dilakukan kedua kader PDI Perjuangan tersebut terhadap Kartar Tunas Muda berupa pembinaan keorganisasian, kepemimpinan, dan kegiatan sosial.

Sementara itu, Suyono Wiling, tak kalah bersemangat melihat daya juang para generasi muda setempat.

“Kita (terus) bangkitkan semangat pemuda untuk berkreasi pada hal-hal positif, berguna bagi diri mereka dan masyarakat,” ujar Suyono Wiling. (rud/hs)