oleh

Di Blitar, Anas Temui 4 Tokoh PDIP dan Ziarah ke Makam Bung Karno

-Berita Terkini-7 kali dibaca

BLITAR – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan, Abdullah Azwar Anas melakukan pertemuan khusus dengan tokoh PDI Perjuangan di Blitar, Rabu (18/10/2017).

Pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilgub Jatim ini juga berziarah ke Makam Bung Karno di Bendogerit, Kota Blitar.

Selama di Blitar, Anas bertemu dengan Wali Kota Blitar Samanhudi, Wakil Wali Kota Blitar Santoso, Bupati Blitar Rijanto, dan Wabup Blitar Marhaenis Urip. Mereka adalah kepala daerah dari PDI Perjuangan.

Di pertemuan tersebut, Anas meminta masukan dari para tokoh tersebut. Menurut dia, Kota dan Kabupaten Blitar adalah daerah yang progresif.

Dia menyebutkan, Wali Kota Samanhudi yang concern di bidang pendidikan dan ekonomi kerakyatan, program-programnya sangat bagus. Juga Bupati Rijanto yang dikenal mampu memajukan ekonomi Blitar.

“Saya meminta masukan dari beliau-beliau, termasuk untuk perbaikan di Banyuwangi. Sinergi antar daerah ini penting untuk menyukseskan agenda Nawacita Presiden Jokowi,” jelas Anas.

Samanhudi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar menyambut baik kedatangan Anas. Bersama para kader, sebutnya, PDIP Kota Blitar siap memenangkan pasangan Gus Ipul dan Anas dalam Pilgub Jatim mendatang.

“Kami siap mendukung, dan pasti bekerja secara sistematis untuk mengamankan rekomendasi partai,” ujar Samanhudi.

Senada, Bupati Blitar Rijanto juga menyatakan siap menyukseskan pasangan Gus Ipul-Anas. “Kita bergotong-royong bersama mengawal pasangan ini,” ujar Rijanto.

Sedang Marhaenis yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar mengatakan, kader di Blitar satu kesatuan mengamankan rekomendasi partai.

“Kita pastikan semua bergerak bersama-sama memenangkan pasangan ini agar program-program kerakyatan yang diamanatkan ke Gus Ipul dan Mas Anas bisa terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, terkait acara ziarah ke Makam Bung Karno, Anas menyatakan, semangat kebangsaan yang ditanamkan Bung Karno sangat penting sebagai bagian proses kepemimpinan ke depan.

Karena itu, jelas dia, nilai-nilai dari semangat tersebut harus terus direaktulisasi dengan ziarah semacam ini.

Sebelumnya, dia sudah menggagas ziarah kebangsaan bagi ribuan pelajar di Banyuwangi. Para pelajar itu diminta menulis artikel tentang kebangsaan yang ditampilkan di medsos.

“Mereka yang terbaik kami ajak ziarah ke sini untuk mengetahui makam Bapak Bangsa, Bapak Pendiri Bangsa, sehingga apa yang mereka tulis dalam artikelnya akan terlengkapi dengan ziarah langsung ke sini,” tuturnya.

Setelah ke Makam Bung Karno, Anas dan rombongan rencananya akan melanjutkan ziarah ke makam Kiai Hasyim Asy’ari, di Jombang. (goek)

rekening gotong royong