oleh

Cagub DKI yang Diusung PDIP Bisa di Luar Dugaan

pdip-jatim-arteria-dahlan-dprJAKARTA – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Arteria Dahlan menyatakan, calon gubernur yang akan diusung PDIP dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 bisa di luar dugaan.

“Tunggu tanggal mainnya, kalian pasti akan terkejut. Keputusan kami akan mengejutkan,” ujar Arteria kepada wartawan, usai diskusi soal pilkada di Jakarta, Minggu (17/7/2016).

Legislator DPR asal dapil 6 Jawa Timur itu menegaskan, PDI Perjuangan akan mendengarkan aspirasi masyarakat di dalam menentukan siapa calon gubernur DKI.

PDI Perjuangan, sebutnya, selama ini juga dikenal secara luas sebagai partai wong cilik. Oleh karena itu, ujarnya, tentu dibutuhkan sosok calon gubernur yang memang memahami kondisi masyarakat kecil.

“Tidak main gusur, dan ngomong ke anak buah tidak seperti ngomong ke binatang,” kata Arteria.

Soal Ahok, menurut dia, mantan Bupati Belitung Timur itu harus dapat mengubah sikap jika ingin diusung PDI Perjuangan. Sebab, Ahok akan menjadi simbol PDIP jika dukungan telah diberikan.

“Jangan sampai PDI Perjuangan itu disamakan dengan Ahok, keras iya, preman iya. Selama bisa kami timbang, Ahok berbenah, bisa jadi bahan pertimbangan,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto menyatakan, pihaknya masih mencermati perkembangan di media massa sebelum memutuskan siapa calon yang akan diusung.

Meski demikian, sudah ada beberapa nama kandidat yang dianggap berpotensi untuk diusung. Mereka antara lain Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Ada juga mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Kepala Badan Narkotika Nasional Budi Waseso, hingga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (goek/*)