oleh

Begini, Spontanitas Ngopi Bareng Hasto dan Gus Ipul

SURABAYA – Ada momen menarik saat Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), dan Ketua DPD PDP Jatim Kusnadi menghadiri acara tasyakuran peringatan HUT ke-72 RI sekaligus Hari Raya Idul Adha di kawasan Bulak Banteng, kemarin.

Saat acara diisi hiburan musik dan lawak di bawah tenda depan Posko Gotong Royong, Hasto menuangkan kopi hitam ke cangkir yang dipegang Gus Ipul.

Hasto juga menuangi kopi ke beberapa cangkir, dan memberikan cangkir-cangkir kopi tersebut kepada Kusnadi, KH Sofyan, dan Ketua Posko Gotong Royong Mat Mokhtar.

Mereka lantas bersama-sama mengangkat cangkir kopi sebelum diminum. Spontanitas ngopi bareng di siang hari itu pun tak disia-siakan awak media untuk mengabadikannya.

“Ayo ngopi bareng,” ujar Gus Ipul, sambil mengangkat cangkir kopi.

“Enak, kopinya. Sangat nikmat,” timpal Hasto, setelah duduk dan menyeruput kopi hitam.

Suasana penuh keakraban terlihat selama mereka menikmati kopi. Sesekali Gus Ipul berbisik ke telinga Hasto, disambung tawa keduanya.

Pada kesempatan menyampaikan sambutan, Hasto mengatakan,  kehadiran Gus Ipul dalam acara itu merupakan bentuk persatuan dengan rakyat. Hasto juga memuji Ipul sebagai sosok yang berprinsip.

“Kita bersyukur juga Gus Ipul datang ke sini dan menyatu dengan kita bersama. Karena Gus Ipul punya komitmen, bagaimana prinsip-prinsip Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan musyawarah mufakat untuk kesejahteraan rakyat betul-betul diwujudkan di Jawa Timur,” kata Hasto.

Dia menyampaikan Gus Ipul telah mendaftar sebagai calon gubernur melalui PDI Perjuangan dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 mendatang. Namun, siapa yang akan diusung PDIP, jelas Hasto, akan diputuskan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Tadi sempat ada yang bertanya, bisik-bisik tadi apakah Gus Ipul dicalonkan menjadi gubernur dari PDI Perjuangan, jawabannya adalah tugas saya sebagai sekjen, termasuk Pak Kusnadi sebagai Ketua DPD PDIP Jatim, memberikan masukan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, dan nanti Ibu Mega lah yang akan mengambil keputusan, siapa pemimpin yang terbaik di Jawa Timur,” jelas Hasto.

Usai acara tasyakuran, Hasto, Gus Ipul, dan Kusnadi menyerahkan bantuan sembako kepada warga tak mampu. Mereka juga menyerahkan bantuan sapi kurban di halaman Masjid Al-Huda di Kelurahan Wonokusumo, Semampir. (goek)