Banteng Eropa Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Semeru

 33 pembaca

LUMAJANG – Aksi kepedulian terhadap korban bencana Gunung Semeru ditunjukkan kader-kader Banteng dari berbagai negara di Benua Eropa. Melalui Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) PDI Perjuangan Prancis-Belgia, mereka bergotong royong mengirimkan bantuan untuk warga terdampak.

Bantuan berupa 250 galon air mineral dari DPLN Prancis-Belgia disalurkan melalui Badan Penaggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Lumajang.

Menurut Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC Lumajang, Saiful Anam, bantuan tersebut merupakan bentuk keprihatinan Banteng Eropa kepada masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Suatu kebanggan tersendiri bagi PDI Perjuangan, karena Banteng Eropa gerak cepat membantu masyarakat di sini,” katanya, Rabu (8/12/2021).

Bantuan tersebut, lanjut Saiful Anam, sudah disalurkan kepada posko pengungsi Balai Desa Jarit. “Karena ini posko baru, jadi perlu disuplai kebutuhannya,” imbuhnya.

Mas Anam, sapaan akrabnya menjelaskan, saat ini masyarakat mengalami trauma akibat erupsi tersebut. Menurut dia, harus ada kegiatan yang nantinya dapat memulihkan masyarakat dari trauma bencana.

“Harus ada ini, karena perbincangan kami bersama para pengungsi mereka smasih merasa cemas dan takut. Terdengar suara gemuruh saja, mereka berhamburan lari dan ketakutan,” kata wakil rakyat bertugas di Komisi D DPRD Lumajang ini.

Sebagai anggota DPRD daerah pilihan setempat, ia menegaskan akan memberikan perhatian dan tanggung jawab dalam memulihkan psikis para pengungsi. Sehingga, meskipun kondisinya masih berada di pengungsian, warga tidak cemas, tetap tenang, serta semangat dalam menjalani kehidupannya.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Banteng Eropa atas gerak cepat memberikan bantuan ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat meringankan beban masyarakat,” tutupnya. (ndy/hs)