oleh

Banteng Bergerak Magetan Bersih-Bersih Sungai dan Tanam Pohon

-Milangkori-43 kali dibaca

MAGETAN – Komunitas Banteng Bergerak (BB) Magetan menggelar aksi bersih-bersih sampah di sungai serta penanaman pohon di aliran sungai lereng Gunung Lawu, Minggu (18/4/2021).

Aksi dilakukan BB Magetan bersama warga dilakukan di aliran sungai di lereng Gunung Lawu yang melintasi Desa Singolangu dan Desa Pacalan.

“Aksi ini sebagai wujud rasa cinta kepada lingkungan dan alam,” kata Suyono Wiling, “komandan” komunitas BB Magetan ini.

Pria yang juga Ketua Komisi D DPRD Magetan dari Fraksi PDI Perjuangan ini menambahkan, gerakan ini bagian dari upaya menjaga ekosistem dan kelestarian alam. Sebab, bagi Suyono Wiling, sungai adalah sumber kehidupan terutama bagi petani. Serta menjadi sumber ekosistem yang lain.

“Mari bersama-sama melindungi ekosistem alam ini sehingga kelak anak cucu kita bisa terus menikmati indahnya alam dan sungai pegunungan yang ada di kota tercinta ini,” ujar Suyono Wiling.

Selain aksi bersih sungai, pada kesempatan itu BB Magetan juga menanam berbagai bibit tanaman di sepanjang bantaran sungai. “Ada pohon cengkeh, nangka, pisang, hingga rambutan,” terang Suyono Wiling.

Kepala Desa Pacalan Agus Suharto mengapresiasi kegiatan tersebut. “Saya ucapkan terima kasih kepada Banteng Bergerak, terutama kepada Pak Suyono Wiling,” Katanya. Kegiatan seperti ini, kata Agus Suharto, bisa menjadi contoh dan tauladan bagi warga atau kelompok masyarakat lainnya lainnya ihwal kepedulian kepada lingkungan alam.

Agus Suharto berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan terus menerus dan berkelanjutan.   “Semoga apa yang dilakukan Banteng Bergerak Magetan ini bisa menjadi pendorong warga lain agar selalu berdisiplin untuk tidak membuang sampah dan kotoran ke sungai,” pungkasnya. (rud/hs)