oleh

Bangun Ekonomi Rakyat, Pemkab Blitar Revitalisasi Pasar Tradisional

BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar berkomitmen untuk terus membangun perekonomian rakyat. Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo menjelaskan, salah satu agenda mendukung pembangunan ekonomi rakyat adalah renovasi dan revitalisasi pasar tradisional.

“Tahun ini, ada beberapa pasar tradisional di wilayah Kabupaten Blitar yang diprioritaskan untuk dilakukan rehab atau renovasi, karena kondisinya yang sudah lama dan menghawatirkan,” papar Marhaenis di Blitar, Senin (12/6/2017).

Pasar tersebut di antaranya adalah Pasar Srengat dan Pasar Ngembul Binangun. Menurutnya, kondisi 2 pasar tersebut sudah lama tidak dilakukan renovasi.

Selain itu, bangunan lama menyebabkan pasar terlihat tidak tertata dengan baik, sering bocor, dan membuat masyarakat serta pedagang kurang nyaman.

Lebih lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan setempat ini menyampaikan, dengan adanya program renovasi dan revitalisasi pasar tradisional dapat meningkatkan kualitas perdagangan serta meningkatkan proses transaksi pedagang tradisional.

“Tahun ini anggaran difokuskan  untuk 2 pasar itu, selain renovasi pasar daerah Pemkab melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag-red) Kab Blitar melakukan pembinaan dan pengawasan proses revitalisasi pasar desa yang dana rehabnya berasal dari dana desa  masing-masing,” pungkas Marhaenis. (ven)