oleh

Baguna Bantu Sosialisasikan Program PDIP Hadapi Pilkada 2017

JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) menerjunkan tim untuk langsung menjalankan program kemasyarakatan dan bertemu langsung dengan masyarakat.

Tim organisasi sayap PDI Perjuangan ini juga secara khusus diterjunkan untuk membantu induk partai dalam menyosialisasikan ideologi dan kerja kerakyatan saat menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017.

Ketua Bidang Kesehatan dan Anak DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu mengatakan, selama sekitar dua pekan ini, tim Baguna diterjunkan di tiga provinsi yang menghadapi pilkada serentak. Di antaranya DKI Jakarta, Banten, dan Bangka Belitung.

“Baguna sebagai organisasi sayap PDIP diciptakan untuk langsung terjun ke lapangan dan sebagai etalase partai kerakyatan. Kami juga sigap dalam penanggulangan bencana,” kata Sri Rahayu saat pelepasan Tim Baguna telah bertugas dalam pemenangan pilkada di Jakarta, Banten, dan Bangka-Belitung, di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, kemarin.

Selama dua pekan, tim Baguna tersebut telah melakukan kegiatan sosial dan melakukan bhakti sosial dengan mendatangi warga masyarakat di pasar dan perkampungan. Baguna juga sigap menolong masyarakat yang sakit untuk diberikan bantuan kesehatan.

“Karena, masyarakat memang masih membutuhkan pelayanan kesehatan langsung. Ini bukti bahwa PDIP sangat peduli kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Baguna juga ikut terjun menyosialisasikan calon kepala daerah yang diusung PDIP di Pilkada Serentak. Baguna siap melayani masyarakat setiap saat ketika dibutuhkan dan sekaligus sigap ketika menghadapi bencana.

“Makanya, ketika semua berbicara tentang politik, kami meneruskan itu dalam kegiatan nyata dan mendatangi masyarakat langsung,” ujarnya.

Kepala Baguna DPP PDI Perjuangan Sadarestuwati menjelaskan, Baguna memang sudah terbiasa terjun ke daerah-daerah sulit yang mengalami bencana. Kali ini, Baguna ikut melakukan sosialisasi dukungan partai kepada calon terbaik untuk dipilih rakyat.

“Pasukan Baguna yang hadir dalam kegiatan ini ada dari Sulawesi Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, serta dari Jatim. Tim ini siap melayani masyarakat, khususnya di bidang kesehatan,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa ada 110 orang personel yang dikerahkan, termasuk tenaga medis, juru masak, dan personel serba bisa yang telah terlatih berhadapan dengan masyarakat dan dalam kondisi bencana.

“Setelah dua pekan kita terjunkan, sekarang kita lepas kembali ke daerah masing-masing. Selama di daerah tentunya mereka terus kita minta siaga, khususnya mengawal jalannya pilkada. Misalnya, yang ada di Sulut akan membantu di daerahnya. Jatim dan Jabar juga melakukan kegiatan di sana,” terang anggota DPR RI dari dapil 8 Jatim ini.

Sementara itu, Sekretaris Baguna Alvian Feoh mengatakan, pasukan Baguna memang terjun langsung secara door to door ke masyarakat. Tim Baguna juga mendatangi pasar-pasar untuk langsung menyosialisasikan program nyata partai dan calon yang diusung dalam pilkada.

“Dalam sehari, kami mengunjungi 1.000 rumah warga untuk melakukan bhakti sosial bersih-bersih, memberi pengobatan kepada yang sakit, dan datang ke pasar-pasar,” ujar Alvian.

Dalam kegiatan selama dua pekan, Baguna memberikan pelayanan kesehatan dan memberikan kacamata baca kepada masyarakat. Tim Baguna, sebutnya, bertugas sesuai instruksi dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melalui Sekjen Hasto Kristiyanto. (goek)