Armuji Minta Satgas Tindak Warga Pembuang Sampah di Sungai

 739 pembaca

SURABAYA – Wakil Wali Kota Surabaya Armuji meminta Satgas Dinas Lingkungan Hidup setempat menindak warga yang membuang sampah secara sembarangan di sungai.

“Setiap hari dibersihkan, tetapi kalau setiap hari dibuangi sampah ya percuma. Ayolah sama-sama kita bergerak untuk menjaga kebersihan kota ini,” kata Wakil Wali Kota (Wawali) Armuji di Surabaya, Kamis (18/8/2022).

Menurut dia, pihaknya telah menindaklanjuti keluhan warga perihal sampah yang menumpuk di Sungai Kali Kedinding Surabaya yang sempat viral di media sosial.

Armuji mengaku telah melihat langsung keberadaan sampah tersebut saat menyisir aliran Sungai Kali Kedinding dengan menggunakan perahu karet pada Rabu (17/8/2022).

Cak Ji, panggilan akrab Armuji, merasa bahwa kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masih minim dilihat dengan banyaknya sampah yang diangkut oleh satgas Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Dia menegaskan setiap hari petugas melalukan patroli dan membersihkan aliran sungai secara berkala guna memastikan air bisa berjalan dengan lancar.

Untuk itu, Cak Ji memerintahkan agar petugas DLH mengambil tindakan tegas apabila menemui warga yang membuang sampah ke sungai sembarangan.

“Problemnya klasik dan sebenarnya akar permasalahannya ketemu yaitu kesadaran warga, kalau tidak gayung bersambut ya nanti kalau banjir banyak yang sakit siapa yang susah,” kata Cak ji.

Selain itu, Cak Ji mengajak agar masyarakat juga melaporkan apabila ada warga yang membuang sampah sembarangan.

“Di foto nanti diserahkan ke kelurahan kecamatan untuk diteruskan ke saya, kalau perlu diviralkan agar jera dan mengerti yang dilakukan itu tidak baik,” kata dia. (antara)