oleh

Anggota DPRD Surabaya Takjub, Proses IMB Carl’s Jr ‘Super Cepat’

pdip jatim - adi sutarwijonoSURABAYA – Anggota Komisi A DPRD Surabaya terheran-heran dan menyatakan takjub atas proses pengajuan perizinan restoran Carl’s Jr yang berlokasi di Jalan Darmo 12. Sebab, izin mendirikan bangunan (IMB) yang diajukan restoran makanan cepat saji itu tidak sampai sebulan sudah kelar.

Wakil Ketua Komisi A Adi Sutarwijono menyatakan, proses IMB untuk Carl’s Jr ‘secepat kilat’ itu sangat menakjubkan. Di lain sisi, katanya, menimbulkan pertanyaan karena biasanya proses pengurusan IMB membutuhkan waktu lama.

“Saya takjub, dengan proses pengurusan IMB Carl’s Jr yang sangat cepat. Semoga proses semacam ini bisa berlanjut dan tidak untuk satu dua pemohon saja,” ungkap Adi Sutarwijono, Selasa (10/2/2015).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, manajemen Carl’s Jr mengajukan IMB ke Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) pada 13 Januari 2015. Tidak membutuhkan waktu lama, izin yang diajukan waralaba asal California, Amerika Serikat itu langsung keluar pada 9 Februari 2015.

Politisi yang akrab disapa Awi itu sebenarnya mengapresiasi kecepatan pelayanan perizinan yang ditunjukkan DCKTR. Sebab, jika DKCTR konsisten dalam hal pelayanan super cepat seperti untuk Carl’s Jr itu, dia yakin akan meningkatkan iklim investasi di Surabaya.

Sisi lain yang dia ungkapkan atas layanan pengurusan IMB bak secepat kilat itu adalah munculnya kabar, yakni ada ‘orang kuat’ yang diduga turut membantu pengajuan izin milik Carl’s Jr. “Saya berharap kabar itu tidak benar. Moga saja kecepatan pelayanan perizinan di pemkot itu merupakan standar atau gambaran pelayanan maksimal,” ucapnya.

Pernyataan takjub atas layanan perizinan Pemerintah Kota Surabaya untuk Carl’s Jr ini terungkap saat hearing Komisi A DPRD Surabaya, Selasa. Rapat dengar pendapat dihadiri dinas-dinas terkait perzinan, dan jajaran manajemen PT Generasi Mutiara Bangsa, pengelola Carl’s Jr.

Proses pengurusan IMB super cepat yang lain ketimbang biasanya ini juga membuat anggota Komisi A lainnya, Luthfiyah, merasa heran. Sebab, dia pribadi yang sudah mengajukan IMB sejak dua tahun lalu, sampai sekarang belum kelar.

“Benar, ini menakjubkan, satu bulan selesai. Tapi saat ini perizinan di tempat laun, tahunan belum selesai. Ada apa,” tandas Luthfiyah, yang berharap kecepatan layanan pemkot ini dilakukan konsisten dan berlaku untuk semua pemohon perizinan.

Head of Government Relation PT Generasi Mutiara Bangsa , Agoes Adhie mengaku, soal perizinan yang saat ini jadi sorotan media sebagai kejadian pertama yang dialami usaha bisnisnya. Pihaknya mengakui, hingga saat ini perizinan yang belum dilengkapi adalah izin gangguan (HO) dan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Oleh karena belum semua izin lengkap, kata Agoes Adhi, pihaknya saat ini sudah menutup sementara restoran Carl’s Jr yang di Jalan Raya Darmo. Selain melakukan renovasi disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, penghentian operasional Carl’s Jr Darmo juga sambil menunggu semua perizinan selesai.

“Penutupan itu juga untuk renovasi menyesuaikan dengan rekomendasi dari dinas pariwisata,” jelas Agoes Adhie. (pri)

rekening gotong royong