oleh

Ahok Cabut Banding, Sekjen PDIP: Kami Hormati

JAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya menghormati keputusan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mencabut banding putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

“Ini bukan persoalan dukung mendukung, ini persoalan keputusan dari Pak Ahok yang harus kami hormati juga,” kata Hasto, saat di kediaman Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ciganjur, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2017).

Hasto menyatakan, peristiwa politik yang terjadi terhadap Ahok akan menjadi sejarah yang akan terjawab di masa mendatang. Yakni, apakah mantan Bupati Belitung Timur tersebut sebagai seorang yang bersalah atau tidak.

“Tapi sekali lagi dalam peristiwa-peristiwa politik, sejarah akan membuktikan kebenaran yang hakiki, kebenaran yang sejati, kebenaran nurani yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan yang akhirnya akan berdiri di depan,” ucap Hasto.

Diberitakan, Ahok mencabut banding putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang memvonisnya dua tahun penjara.

“Pak Ahok mengalah untuk umum,” ujar salah satu pengacara Ahok, I Wayan Sudirta, dalam konferensi pers di sebuah restoran di Menteng, hari ini.

Menurut dia, Ahok dan keluarga juga menghormati pengadilan. Dia juga memaklumi majelis hakim yang memutus kasus penistaan agama itu.

Dia menegaskan, pencabutan permohonan banding tersebut bukan karena khawatir hukuman ditambah.

Hasto hadir di kediaman Muhaimin Iskandar yang menggelar pertemuan dengan tokoh-tokoh lintas partai dan agama. Kesepakatan yang dihasilkan di antaranya membangun rasa saling percaya di antara semua pimpinan, baik pimpinan politik maupun agama.

Hasto menilai kegiatan pertemuan itu positif karena membuka ruang diskusi untuk menyelesaikan berbagai masalah.

“Intinya, dialog ini menunjukkan kita berupaya membangun peradaban yang baik, budaya gotong-royong, supaya terus dapat kita kedepankan. Dialog ini positif karena dapat membuka ruang diskusi untuk menyelesaikan masalah rakyat dan negara,” tuturnya. (goek)

rekening gotong royong