oleh

Whisnu Sakti Resmikan Tugu Pancasila Karya DPC Lumajang

-Inspirasi-94 kali dibaca

LUMAJANG – Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDI Perjuangan Jatim, Whisnu Sakti Buana meresmikan tugu Pancasila di Desa dan Kecamatan Senduro, Senin (7/6/2021). Pembangunan tugu buah kerjasama DPC PDI Perjuangan Lumajang dengan Pemerintah Desa Senduro dan Jambekumbu.

Whisnu Sakti Buana pada acara peresmian mengatakan, tugu Pancasila sebagai cerminan PDI Perjuangan dalam membumikan Pancasila di Lumajang. Menurutnya, hal ini sebagai upaya Partai dalam mendorong terciptanya cita-cita bersama bangsa Indonesia.

“Seperti yang dikatakan Bung Karno, bahwa bangsa Indonesia dibangun bukan untuk golongan tertentu saja, melainkan untuk semua golongan yang ada di Indonesia ini,” tegasnya.

Peresmian dilakukan pasca rapat kerja cabang (rakercab) DPC PDI Perjuangan Lumajang beberapa jam sebelumnya. Acara persemian dihadiri pengurus DPC, fraksi, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Desa Senduro, Kepala Desa Jambekumbu, serta masyarakat umum.

Ketua DPC Lumajang, Solikin mengatakan, desa percontohan pembumian Pancasila ditempatkan di Desa Senduro dikarenakan kerukunan umat beragama sudah terjalin baik. Pasalnya, di Desa Senduro masyarakat seiring berdampingan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari meskipun mereka berbeda agama.

“Kami letakkan di sini karena memang kerukunan umat bergama berjalan baik. Ada agama Islam, Kristen, dan Hindhu,” ujar Solikin, dalam sambutannya.

Solikin mengatakan, pembangunan tugu Pancasila merupakan bentuk kerjasama antara PDI Perjuangan Lumajang dengan Pemerintah Desa Senduro dan Pemerintah Desa Jambekumbu. Ke depan, Solikin berharap kerjasama juga bisa dilakukan pada bidang lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bukan hanya sebuah bangunan, namun semangatnya sebagai bentuk untuk terus menerus membumikan Pancasila. Serta sebagai simbol peringatan kepada kelompok-kelompok tertentu yang coba-coba mengusung ideologi lain selain Pancasila di negeri ini. Tugu ini kita rawat bersama, dan bersama-sama mengamalkan setiap silanya dalam kehidupan bermasyarakat,” paparnya.

Bahkan, Solikin menegaskan, PDI Perjuangan berkomitmen akan melakukan pembangunan tugu Pancasila di beberapa titik strategis. “Di setiap kecamatan nantinya akan kita bangun tugu Pancasila,” tambahnya. (ndy/hs)

Komentar