Wabup Fauzi: BMT Mampu Gerakkan Sektor Riil di Masyarakat

 90 pembaca

SUMENEP – Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengapresiasi pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Baitul Mal wa Tamwil Nuansa Ummat (BMT NU) Jawa Timur di Sumenep. RAT BMT NU ini berlangsung di aula Graha Adi Poday, Jalan Trunojoyo Sumenep, Madura, Sabtu (15/2/2020).

Saat menyampaikan sambutan pembukaan RAT, Fauzi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga melalui RAT paripurna ke-16 ini dapat menempatkan kiprah dalam peranan Koperasi BMT NU Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” kata Fauzi.

Dia menambahkan, keberadaan BMT NU sangatlah penting bagi masyarakat karena telah mampu memecahkan masalah mendasar dalam permodalan dan berperan penting pula dalam mengurangi kesenjangan ekonomi.

“BMT NU telah memberikan nuansa baru terhadap masyarakat, sehingga masyarakat mampu bergerak ekonominya berkat bantuan permodalan dari BMT NU juga berperan penting dalam mengurangi kesenjangan ekonomi,” ujarnya.

Wabup yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep ini menyebut, BMT NU telah berkembang pesat dan dengan perkembangan tersebut, pihaknya meyakini keberadaan BMT sebagai lembaga keuangan mikro akan mampu menggerakkan sektor riil di masyarakat.

Dia berharap, BMT NU Jatim berbenah dalam turut serta meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga dapat berkontribusi bagi pembangunan masyarakat.

“Kami berharap BMT NU terus melakukan transformasi, inovasi sehingga keberadaan BMT NU mampu menggunakan teknologi seperti yang telah dilakukan beberapa perbankan menjadi suatu terobosan yang harus dilakukan,” papar Fauzi.

Dia juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan BMT NU dalam mengembangkan teknologi untuk meningkatkan pelayanan dan pengembangan ekonomi kerakyatan. Dengan menambah pelayanan terhadap anggota, akan menambah kepercayaan anggota terhadap koperasi syariah, karena ada keterbukaan untuk para anggota.

Fauzi berharap, pengelolaan BMT NU dilakukan dengan transparan dan profesional, menjadi BMT percontohan di tingkat nasional dan menjadi motivasi menuju yang terbaik ke depannya.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap, BMT NU Jatim menjadi salah satu penggerak tumbuhnya ekonomi masyarakat Sumenep, karena banyak potensi di daerah Sumenep yang bisa di maksimalkan menjadi potensi ekonomi,” harap Fauzi. (set)