Ultah Megawati ke-76, Kader Banteng Surabaya Gelar Dapur Umum di 32 Titik

 328 pembaca

SURABAYA – Segenap kader banteng Kota Surabaya berbahagia atas karunia usia panjang kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, yang pada 23 Januari 2023 hari ini genap 76 tahun.

Sebagai ungkapan rasa syukur, PDI Perjuangan Kota Surabaya menggalang gerakan hidup sehat. Yakni dengan membuka dapur umum di 31 kecamatan, plus dapur umum di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

“Selamat Hari Ulang Tahun Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri, yang ke-76. Doa terbaik dari kami semua untuk Ibu Mega. Panjang usia, sehat selalu, dan senantiasa dilimpahi kekuatan dan kebijaksanaan oleh Tuhan YME,” ucap Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono.

Kader-kader banteng di Kota Pahlawan menyambut antusias gerakan hidup sehat. Mereka membuka dapur umum di wilayah masing-masing, kerja bareng bergotong royong dengan warga masyarakat. “Kita gelar dapur umum di 32 titik lokasi,” kata Ketua Panitia Kegiatan, Khusnul Khotimah.

Kemudian, makanan sehat yang telah siap saji dibagikan pada warga yang tidak mampu, warga lanjut usia, ibu-ibu hamil, anak-anak balita. Pembagian dilakukan dari rumah ke rumah atau door to door.

Adi Sutarwijono menambahkan, PDI Perjuangan menaruh perhatian terhadap bayi stunting. Bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji, PDI Perjuangan terus berusaha menekan angka stunting.

“Termasuk dengan mengedukasi warga masyarakat tentang hidup sehat, makanan bergizi dan lingkungan sehat,” kata politisi yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya tersebut.

Dapur umum dan penyuluhan ibu-ibu hamil juga dibuka di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya. Tampak hadir Wakil Wali Kota Armuji, yang merupakan kader banteng senior.

“Melalui hidup sehat, pembenahan lingkungan, dan pelayanan air bersih, penyuluhan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Posyandu yang semakin baik, serta perbaikan gizi makanan, kita terus bergerak untuk menekan terus stunting di Kota Surabaya,” kata Armuji, di depan puluhan ibu-ibu hamil dari lingkungan sekitar yang hadir di kantor DPC.

Hadir pula sejumlah legislator PDIP di antaranya Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah dan Hj. Siti Maryam. Juga Agatha Retnosari dari DPRD Jawa Timur, serta pengurus DPC PDIP Surabaya.

Dalam acara ini, disediakan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur atas Hari Ulang Tahun Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ke-76. Setelah didoakan bersama, tumpeng dipotong Khusnul Khotimah dan diberikan kepada Armuji.

“Semoga kader-kader PDI Perjuangan terus semangat bergerak, melayani rakyat. Menangis dan tertawa bersama rakyat,” ucap Siti Maryam, legislator DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PDIP.

Mereka memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu hamil. Dikatakan Khusnul, makanan sehat tidak harus mahal. Tetapi bisa diperoleh dari sayur-sayuran hijau yang sehat, yang bisa kita peroleh di pasar-pasar terdekat.

“Ibu Megawati menaruh perhatian serius terhadap kesehatan dan perbaikan gizi ibu-ibu hamil, terhadap permasalahan bayi stunting. Sehingga program kesehatan bagi ibu hamil dan balita sehat terus digelorakan oleh kader-kader PDI Perjuangan di semua daerah dan menyentuh sasaran tepat,” kata Khusnul.

Pada kesempatan itu, Wakil Sekretaris DPC PDIP Surabaya Achmad Hidayat memberikan bingkisan dari PDI Perjuangan kepada para ibu-ibu. Bingkisan berisi susu ibu hamil, makanan siap saji dan snack yang sehat. (nia/pr)

Tinggalkan Balasan