oleh

Temui Kader Banteng Kota Blitar, Djarot Beri Wejangan Ini

-Kronik-66 kali dibaca

BLITAR – Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat minta kader-kader Banteng Kota Blitar mampu mewujudkan cita-cita yang sudah sampaikan, dituliskan dan dipikirkan sang proklamator Bung Karno.

“Cita-cita Bung Karno seperti apa? ya harus mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, tidak ada stunting, pendidikan bagus, infrastruktur bagus serta lapangan kerja tersedia,” kata Djarot.

Pesan itu dia sampaikan ketika menggelar kegiatan dengar pendapat masyarakat terkait pokok-pokok haluan negara (PPHN) di Lesehan Presiden, Jalan Ir Soekarno, Kota Blitar, Rabu (17/11/2021) malam.

Kegiatan tersebut diikuti pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Blitar, anggota Fraksi PDIP DPRD setempat, serta organisasi sayap, seperti Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) dan Taruna Merah Putih (TMP).

Terkait PPHN, terang Djarot, hal itu diperlukan sebagai pedoman dan kerangka rencana pembangunan nasional yang berkelanjutan. Menurutnya, tanpa PPHN, bangsa akan kehilangan arah untuk mencapai cita-cita.

“Bila kita menginginkan kegiatan pembangunan berjalan efektif, efisien, dan tepat sasaran maka sangat perlu menghadirkan kembali Pokok-Pokok Haluan Negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia,” jelasnya.

Menurut Djarot, PPHN ini penting dalam perencanaan program pembangunan nasional guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Dalam kesempatan itu, Djarot juga memberikan apresiasi kepada Kota Blitar yang telah dijadikan daerah percontohan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Alhamdulillah ya, sampai sekarang Kota Blitar masih berada di level satu. Ini merupakan bukti gotong royong dari seluruh lapisan masyarakat yang memiliki pemahaman yang sama,” ucap mantan Wali Kota Blitar dua periode ini

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar Syahrul Alim mengatakan kunjungan Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat ke Kota Blitar, selain menekankan pentingnya PPHN juga untuk memberikan pesan dan wejangan kepada kader partai dalam memenangkan pemilu 2024 nanti.

“Alhamdulillah sudah agak lama kita tidak dikunjungi DPP secara semi resmi. Kebetulan beliau Pak Djarot bisa mengunjungi kami untuk memberikan wejangan dan informasi terkini dari peta politik yang ada,” ucap Syahrul.

“Tadi beliau menyampaikan bagi kader harus siap diposisikan di manapun. Baik eksekutif, legislatif ataupun di struktural juga ketika tidak ditugaskan pun juga harus siap,” beber Ketua DPRD Kota Blitar ini.

“Wejangan yang diberikan tadi tidak lain adalah terus menjaga soliditas dan persiapan kader partai untuk memenangkan perhelatan pemilu 2024 nanti. Termasuk juga bila muncul permasalahan-permasalahan harus dibicarakan dan dimusyawarahkan di internal,” imbuh dia.

Sementara itu mengenai pentingnya PPHN ini, Syahrul sependapat bahwa keberadaan PPHN ini sangat diperlukan. Sehingga diharapkan pembangunan Indonesia ke depan memiliki arah yang jelas.

“Dulu di zamannya Bung Karno khan jelas ada pembangunan semesta berencana, terus di era Pak Harto ada GBHN dan sekarang ini kita tidak jelas arah pembangunannya jangka panjangnya mau dibawa kemana. Untuk itu keberadaan PPHN ini sangat penting,” pungkasnya. (arif/pr)