Sujatno Sosialisasi Raperda PUG Lanjut Pemberian Santunan Anak Yatim Piatu

 515 pembaca

MAGETAN – Ketua DPRD Magetan H Sujatno SE MM menggelar Sosialisasi Raperda Pengarusutamaan Gender (PUG) di Balai Pertemuan Desa Mojorejo Kecamatan Kawedanan, Selasa (22/11/2022) sore.

Acara diikuti tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga ratusan perempuan dari wilayah sekitar. Hadir pula sejumlah pengurus PAC PDI Perjuangan Kawedanan.

Dalam paparannya Sujatno menyampaikan, pengarusutamaan gender dalam rangka meningkatkan kedudukan, peran dan kualitas perempuan, sebagai upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Maka perlu melakukan strategi pengarusutamaan gender ke dalam seluruh proses pembangunan,” ujar Sujatno.

Dijelaskan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan ini, perempuan harus diberdayakan dalam pembangunan di Magetan. Terlebih lagi, pengarusutamaan gender tersebut merupakan urusan wajib bagi pemerintah.

Kesetaraan, kata dia, adalah suatu keadaan dimana perempuan dan laki-laki menikmati status yang setara dan memiliki kondisi yang sama untuk mewujudkan secara penuh hak azasi dan potensi dalam semua bidang kehidupan.

Menurutnya, meningkatkan kedudukan, peran dan kualitas perempuan serta menjamin hak yang sama antara perempuan dan laki-laki untuk menikmati hak-hak warga negara dalam bidang ekonomi, sosial budaya, politik dan hukum sebagai upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan.

Usai sosialisasi, Sujatno memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu. Betapa riangnya anak-anak tersebut mendapatkan santunan. Sujatno, sembari memeluk anak-anak itu berpesan agar menjadi yang pintar dan soleh, guna menjadi penerus bangsa yang berakhlak baik.

“Mereka juga butuh kasih sayang dan perhatian dari kita semua. Dan sudah selayaknya kita berbagi dengan anak-anak ini, agar bisa memberikan semangat dalam menjalani hidup lantaran tanpa kehadiran ayah atau ibu bahkan kedua-duanya,” kata Sujatno. (rud/hs)

Tinggalkan Balasan