oleh

Satgas Lawan Covid-19 DPR Apresiasi Kerja Keras Dokter dan Paramedis

JAKARTA – Juru Bicara Satgas Covid-19 DPR RI, Arteria Dahlan mengatakan pihaknya sangat memperhatikan kesehatan dokter dan petugas medis yang bertugas, dan memastikan terpenuhinya asupan nutrisi makanan, APD, dan alat kebutuhan medis lainnya.

Termasuk juga fasilitas penginapan agar tersedia sesuai dengan protokol kesehatan yang disyaratkan serta hal-hal lain yang dibutuhkan rumah sakit (RS) maupun para dokter serta petugas medis.

Untuk itu, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI memberikan apresiasi yang luar biasa terkait kerja hebat, kerja keras para dokter dan petugas medis yang saat ini melayani 581 pasien rawat inap di RS Darurat (RSD) Wisma Atlet yang kemungkinan besar dapat terus bertambah.

“Satgas akan berupaya penuh untuk membantu serta memfasilitasi RSD di dalam mengusahakan ketersediaan obat dan alat-alat kelengkapan medis yang semakin menipis jumlahnya, seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer, kacamata safety, dan lain-lain agar dapat tetap tersedia dalam keadaan darurat sekalipun,” kata Arteria, Rabu (15/4/2020).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, Satgas juga akan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah dan Kementerian PUPR, terkait kebutuhan oksigen sentral pada setiap ruangan ICU di tower 7 RSD Wisma Atlet dan mempercepat selesainya tower 6 agar dapat difungsikan sebagai layaknya fasilitas dengan standar rumah sakit.

“Serta mempercepat persiapan tower 4 dan 5 sebagai supporting tower 6, yang pada akhirnya diharapkan semua tower dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai upaya antisipasi dan mitigasi tatkala adanya ledakan pasien pasca arus mudik,” urainya.

“Termasuk di dalam melakukan penyesuaian daya listrik dikarenakan akan banyak masuknya peralatan-peralatan medis yang membutuhkan daya listrik tinggi, melakukan perbaikan lift, perbaikan alur masuk pasien dan alur keluar masuk ambulance agar pelayanan dapat lebih efektif,” lanjut Arteria.

Dia menambahkan, Satgas juga akan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar setiap sampel darah dapat diekstraksi dengan menggunakan alat tes swab/PCR yang hasilnya dapat diketahui dalam waktu cepat (6 jam), agar dapat dilakukan penanganan secara cepat.

“Satgas memberikan apresiasi pada Menteri BUMN atas bantuan makanan, peralatan, kebutuhan sarana prasarana dan persiapan rumah sakit rujukan pasien Covid-19, pengadaan obat-obatan, pemberian akomodasi dalam bentuk fasilitas penginapan, makanan serta pemberian asuransi tambahan bagi dokter dan petugas medis yang bertugas,” tuturnya.

Sebagai contoh RS Pertamina Jaya telah dipersiapkan untuk dapat menampung 160 unit pasien ICU serta mampu melakukan 1.400 tes swab per hari, begitu juga dengan RS-RS BUMN lainnya.

Satgas Lawan Covid-19 DPR RI kemarin mengunjungi RSD Wisma Atlet Kemayoran dan mengunjungi RS Amanda Cikarang, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya ke RSD Wisma Atlet, Satgas DPR RI memberikan bantuan alat medis berupa APD, 3.000 masker medis, 1.000 alat rapid test, dan Buku Panduan Otoritas Pemerintah Tiongkok terkait Protap Penanganan Corona serta memberikan obat-obatan medis dan herbal.

Sementara di RS Amanda Cikarang Satgas memberikan bantuan berupa 150 pcs baju APD, 500 pcs Masker Medis dan 100 pcs Rapid Test. Penyerahan diberikan secara langsung oleh Satgas Daerah Lawan Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

Kunjungan ke RSD Wisma Atlet dipimpin Koordinator Satgas, Sufmi Dasco Ahmad, didampingi Azis Samsuddin (Anggota Dewan Pengawas), Ahmad Sahroni (Wakil Koordinator) dan beberapa anggota Satgas seperti Arteria Dahlan, Melkiades Lakalena, Habiburokhman, Wihadi Wiyanto, Sari Yuliati, Fauzi Amro, dan M. Nabil Haroen. Mereka disambut Menteri BUMN, Pangdam Jaya, dan Kepala RSD Covid-19. (goek)